PENANAMAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI MELALUI TEMBANG DOLANAN ANAK-ANAK PADA ANAK USIA DASAR ( Studi Kasus di Padukuhan Payak Wetan Desa Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, Yogyakarta )

M. A Dhalu, NIM : 17204080061 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI MELALUI TEMBANG DOLANAN ANAK-ANAK PADA ANAK USIA DASAR ( Studi Kasus di Padukuhan Payak Wetan Desa Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, Yogyakarta ). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI MELALUI TEMBANG DOLANAN ANAK-ANAK PADA ANAK USIA DASAR ( Studi Kasus di Padukuhan Payak Wetan Desa Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, Yogyakarta ))
17204080061_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI MELALUI TEMBANG DOLANAN ANAK-ANAK PADA ANAK USIA DASAR ( Studi Kasus di Padukuhan Payak Wetan Desa Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, Yogyakarta ))
17204080061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Persoalan budi pekerti atau Akhlak sampai saat ini masih menjadi pembicaraan yang menarik untuk selalu dikaji dan dicari solusinya. Budi pekerti merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tembang dolanan merupakan kesenian yang mengeksploitasi tembang merupakan kesenian turunn temurun. Oleh karena itu diadakan penelitian terkait penanaman nilai-nilai budi pekerti melalui tembang dolanan anak-anak pada anak usia dasar dan melestarikan tembang dolanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat penanaman nilai-nilai budi pekerti melalui tembang dolanan anak-anak, karena budaya ini merupakan kesenian tradisional yang harus di ajarkan kepada anak-anak sejak usia dini. Pentingnya nilai budi pekerti bagi semua orang agar setiap manusia mempunyai nilai-nilai budi pekerti dalam hidupnya. Melalui syair dari tembang dolanan banyak nilai-nilai budi pekerti yang terkandung seperti nilai keagamaan, nilai adat istiadat, perilaku, sopan santun, dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah kepala sanggar sindu kusuma, orang tua, dan peserta tari tembang dolanan. Pemeriksaaan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu membandingkan hasil wawancara dengan observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu penanaman nilai-nilai budi pekerti melalui tembang dolanan anak-anak pada anak usia dasar. Makna dari tembang dolanan anak-anak lebih megarah pada nilai-nilai budi pekerti dalam kehidupan manusia. Nilai budi pekerti yang ada pada tembang dolanan adalah nilai religius, nilai sosial, nilai sejarah, nilai kejujuran, dan sportivias. Tembang dolanan anak-anak wajib dikembangkan dan dilestarikan agar tidak punah dan dilupakan seiring dengan perkembangan zaman. Penanaman nilai-nilai budi pekerti melalui tembang dolanan anak-anak harus ada peran dari orang yang lebih mengerti bagaimana cara mengajarkan ajaran baik khussnya pelestrarian budaya kepada anak agar sikap budi pekerti tertanam sejak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Sedya Santosa,SS., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Nilai Budi Pekerti, Tembang Dolanan, Usia Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:25
Last Modified: 21 Oct 2020 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38707

Actions (login required)

View Item View Item