COUNTER-EXTREMISM DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI PAHAM ASWAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) AL-MUAYYAD SURAKARTA

Putri Eka Kusuma Wardani, NIM: 17204010020 (2019) COUNTER-EXTREMISM DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI PAHAM ASWAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) AL-MUAYYAD SURAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (COUNTER-EXTREMISM DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI PAHAM ASWAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) AL-MUAYYAD SURAKARTA)
17204010020_BAB_1 & 4.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (COUNTER-EXTREMISM DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI PAHAM ASWAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) AL-MUAYYAD SURAKARTA)
17204010020_BAB II & III.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (22MB)

Abstract

Perkembangan isu ekstremisme, radikalisme, dan terorisme akhir-akhir ini semakin tumbuh subur. Kecenderungan sikap yang berlebih-lebihan dalam mengamalkan ajaran agama secara keras, kaku, dan konservatif seringkali menimbulkan konsekuensi negatif melahirkan sikap pembenaran diri sendiri. Surakarta memiliki konstelasi budaya dan keagamaan yang heterogen, sehingga memungkinan adanya potensi konflik yang berdasarkan kehidupan religiositas. Oleh karena itu, sekolah menuntut melakukan counter-extremism di kalangan pelajar maupun lembaga pendidikan secara khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran PAI melalui paham Aswaja sebagai counter-extremism dan dampak pembelajaran PAI melalui paham Aswaja sebagai counter-exstremism di SMA Al-Muayyad Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative research), dengan pendekatan naratif. Sedangkan data yang digunakan diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Sementara teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kalangan muda memiliki kerentanan terpapar dan terpengaruh paham-paham ekstremisme. Kekhawatiran akan bahaya tersebut, maka sekolah melakukan Counter-Extremism dengan empat cara penguatan yaitu penguatan ideologi dan psikologi, proses pembelajaran PAI dan guru, serta kegiatan keagamaan Islam di SMA Al-Muayyad Surakarta. Adapun penguatan ideologi yaitu keagamaan (Aswaja/Ke-NU-an) dan kebangsaan (Pancasila) dengan harapan berdampak pada pemahaman peserta didik tentang ekstremisme, kemampuan membaca peta ideologi masyarakat dan dapat menempatkan diri mengambil sikap lebih moderat. Sedangkan, melalui penguatan Psikologi adalah membangun jiwa dengan meningkatkan kesehatan mental, pikiran, dan perilaku seperti; melakukan pendekatan personal secara internal dan eksternal, selektif memilih sekolah dan kurikulum yang digunakan, serta memasukkan ke pesantren. Dengan begitu, maka terciptalah peserta didik yang memiliki karakter baik dan mengikis adanya sikap ekstrim maupun fanatik. Sementara, penguatan melalui proses pembelajaran PAI berupa materi dan strategi adalah seleksi literatur maupun sumber belajar, pemberian materi PAI Plus serta pola pembelajaran yang membangun suasana belajar inklusif (dialog) dan kontekstual (realitas) akan mampu melahirkan sikap toleransi. Melalui penguatan penguasaan guru terhadap Aswaja adalah tolak ukur bagi guru yang berdampak pada pemahaman pandangan ekstremisme siswa. Yang terakhir yaitu penguatan melalui kegiatan keagamaan Islam atau ekstrakurikuler keagamaan sebagai penunjang tercapainya Pendidikan Agama Islam di luar pembelajaran PAI seperti; muhadatsah, istigotsah, sholat dzuhur dan dhuha berjamaah, bahtsul masail, khitobah, tahfidz dan ziarah merupakan sebagai jalan untuk mengembangkan skill dan membentuk pribadi lebih religius yang akan meningkatkan kesalehan sosial peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Counter-Extremism, Pembelajaran PAI
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:26
Last Modified: 21 Oct 2020 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38711

Actions (login required)

View Item View Item