MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK N 3 JAYAPURA

NURHASANAH, NIM : 17204010055 (2019) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK N 3 JAYAPURA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK N 3 JAYAPURAI)
17204010055_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK N 3 JAYAPURA)
17204010055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tingginya persaingan dalam dunia pendidikan menuntut sebuah lembaga harus memiliki manajemen hubungan masyarakat (Humas) yang mapan, karena Humas sangatlah urgent. Humas berperan penting dalam menyampaikan informasi dari dan untuk masyarakat, serta maju mundurnya sebuah lembaga pendidikan. Humas mendukung dan menunjang kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan publikasi lembaga dan mengkoordinir semua pihak yang terlibat dalam proses pemasaran jasa pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui langkah strategis manajemen humas di SMK N 3 Jayapura serta peran humas dalam meningkatkan pemasaran jasa pendidikan di SMK N 3 jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara mendalam dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Milles dan Huberman, yaitu analisis model interaktif: data reduction, data display, dan data verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menjalankan programnya hubungan masyarakat (Humas) SMK N 3 Jayapura menggunakan beberapa langkah dan strategi melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam menyusun perencanaan program kerja Humas SMK N 3 Jayapura ternyata belum berjalan maksimal. Beberapa faktor penyebabnya: 1) tidak adanya tujuan atau pencapaian setiap program kegiatan, 2) sumber daya keuangan yang masih minim, 3) tidak adanya ketentuan standar dan perangkat evaluasi, 4) tidak adanya strategi pemecahan masalah. Dalam meningkatkan pemasaran jasa pendidikan, Humas SMK N 3 Jayapura melakukan beberapa strategi untuk menarik minat masyarakat atau calon siswa. Strategi yang dilakukan adalah melalui bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri atas 7P, yaitu product (produk) yaitu jasa yang ditawarkan, price (harga), yaitu strategi penetapan harga, place (lokasi/tempat) yaitu tempat jasa ini diberikan, promotion (promosi), yaitu tatakelola promosi yang dilakukan melalui pemasangan baliho, WA, Website, Instagram, kunjungan secara langsung ke sekolah-sekolah SMP/MTs, dan mengundang masyarakat untuk hadir dalam acara pameran hasil karya siswa, tutp tahun, pembagian raport dan lain-lainnya, people (SDM) yaitu kualitas, kualifikasi, dan kompetensi yang dimiliki oleh orang yang terlibat dalam pemberian jasa, physical evidence (bukti fisik) yaitu sarana dan prasarana seperti apa yang dimiliki, dan process (proses) yaitu manajemen layanan pembelajaran seperti apa yang diberikan. Humas juga melakukan program promosi melalui sosialisasi lembaga baik dengan presentasi maupun penguatan di website lembaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Hubungan Masyarat, Pemasaran Jasa Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:30
Last Modified: 21 Oct 2020 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38712

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum