EVALUASI PROGRAM UNGGULAN MUMARASAH AL-LUGAH AL- ‘ARABIYYAH DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019-2020 (PERSPEKTIF MODEL EVALUASI CIPP DANIEL STUFFLEBEAM)

Vina Rif’atul Azimah, NIM : 17204010065 (2019) EVALUASI PROGRAM UNGGULAN MUMARASAH AL-LUGAH AL- ‘ARABIYYAH DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019-2020 (PERSPEKTIF MODEL EVALUASI CIPP DANIEL STUFFLEBEAM). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM UNGGULAN MUMĀRASAH AL-LUGAH AL- ‘ARABIYYAH DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019-2020 (PERSPEKTIF MODEL EVALUASI CIPP DANIEL STUFFLEBEAM))
17204010065_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM UNGGULAN MUMĀRASAH AL-LUGAH AL- ‘ARABIYYAH DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019-2020 (PERSPEKTIF MODEL EVALUASI CIPP DANIEL STUFFLEBEAM))
17204010065_BAB-II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Mumarasah al-lugah al-‘arabiyyah merupakan program unggulan bahasa Arab yang ada di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Tujuan dari program tersebut untuk melatih keterampilan bahasa Arab siswa Madrasah Aliyah Ali Maksum, dan melatih agar siswa dapat lebih aktif berbahasa Arab. Namun pada realitanya, siswa belum dapat berbahasa Arab secara aktif. Selain itu, selama dibentuknya program unggulan tersebut, belum pernah dilakukan evaluasi secara menyeluruh. Maka dari itu, perlu adanya evaluasi secara komprehensif demi perbaikan program tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi progam unggulan mumārasah al-lugah al-‘arabiyyah di Madrasah Aliyah Ali Maksum dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif dengan pendekatan yang terfokus pada keputusan (The Decision Focused Approach). Adapun model evaluasi yang digunakan yaitu CIPP yang meliputi empat komponen konteks, input, proses, produk. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) evaluasi pada komponen konteks yaitu menyebutkan bahwa program unggulan mumārasah al-lugah al-‘arabiyyah sangat dibutuhkan untuk melatih keterampilan bahasa Arab. Perencanaan program belum matang sehingga perlu dirumuskan kembali visi-misi, tujuan, dan penyediaan sarana dan prasarana. 2) evaluasi pada komponen input yaitu menunjukan bahwa sebagian besar tentor sudah memenuhi kriteria sebagai pengajar program mumārasah al-lugah al-‘arabiyyah. Siswa memiliki bekal kemampuan membaca dan menulis tulisan Arab, dan sedikit pengetahuan tentang kaidah bahasa. Sarana dan prasarana sudah dapat dikatakan baik. Akan tetapi, perlu adanya tambahan. Dari segi kurikulum, perlu adanya penetapan kurikulum yang dijadikan sebagai acuan pelasanaan program, sehingga akan memudahkan tentor dalam penyusunan silabus dan pemilihan materi. 3) evaluasi komponen proses yaitu Secara keseluruhan proses pembelajaran berjalan dengan baik sebagaimana mestinya, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Metode dan media pembelajaran di pilih dengan menyesuaikan materi. Sarana dan prasarana juga digunakan dengan baik. Akan tetapi terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, antara lain kurangnya disiplin waktu, teknis peminjaman sarana yang susah, tentor yang kurang asik, kurangnya waktu pembelajaran. 4) evaluasi komponen produk, program mumārasah al-lugah al-‘arabiyyah dapat membantu peserta didik untuk dapat berkomunikasi aktif menggunakan bahasa Arab. Data menunjukan hampir 50% siswa dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program unggulan mumārasah al-lugah al-‘arabiyyah, CIPP
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:30
Last Modified: 21 Oct 2020 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38713

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum