PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA ARAB DIGITAL UNTUK SISWA KELAS XI MAN 3 SLEMAN

Haerul Ahyar, NIM:17204010122 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA ARAB DIGITAL UNTUK SISWA KELAS XI MAN 3 SLEMAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA ARAB DIGITAL UNTUK SISWA KELAS XI MAN 3 SLEMAN)
17204010122_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA ARAB DIGITAL UNTUK SISWA KELAS XI MAN 3 SLEMAN)
17204010122_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari hasil studi pendahuluan tentang pembalajaran bahasa Arab disekolah MAN 3 Sleman yang ditemukan beberapa masalah terkait dengan penggunaan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) bahasa Arab, dimana siswa terkadang tidak membawa LKS karena lupa, kemudian beberapa siswa memberikan komentar tentang tampilan LKS yang digunakan masih kurang manarik, kertas mudah robek, tampilan gambar kurang jelas, susunan isi materi yang kurang rapih dan sistematis dan LKS harus dibeli. Sehingga dari permasalahan tersebut peneliti menawarkan LKS bahasa Arab digital sebagaimana melihat kebutuhan dan potensi yang mendukung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadaptasi model ADDIE yang dibatasi hanya pada tahap implementasi. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mendeskripsikan konseptualisasi pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) bahasa Arab digital untuk siswa kelas XI MAN 3 Sleman, menyusun desain pengembangan bahan ajar LKS bahasa Arab digital dan mengetahui respon siswa kelas XI MIPA 1 terhadap bahan ajar LKS bahasa Arab digital yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar LKS bahasa Arab digital yang bernama “al-Mukammil LKS bahasa Arab Digital” terdiri dari halaman cover, identitas LKS, kata pengantar, deskripsi singkat dan petunjuk penggunaan, daftar isi, materi pokok yang memuat tiga bab dengan sub materi tentang (mufrādat, istimā’, hiwār/kalām, qawā’id dan kitābah), serta dilengkapi dengan tes formatif pada setiap sub materinya, daftar pustaka, profil pengembang dan cover belakang. Kemudian tingkat kelayakan produk dari hasil penilaian ahli materi I dan II serta ahli media/desain diperoleh nilai rata-rata dari ahli materi I sebesar “4” dengan kategori “Baik”, ahli materi II sebesar “4,3” dengan kategori “sangat baik” dan ahli media/desain dengan nilai rata-rata sebesar “4,5” dengan kategori “sangat baik”. Terakhir hasil respon dan penilaian siswa terhadap produk yang dikembangkan diperoleh nilai rata-rata pada aspek materi sebesar “3,9” dengan kategori “baik” dan pada aspek media/desain sebesar “3,98” dengan kategori “baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar LKS bahasa Arab digital untuk siswa kelas XI MAN 3 Sleman sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembalajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, LKS bahasa Arab, LKS Digital
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2020 09:27
Last Modified: 23 Oct 2020 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38718

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum