TUTORIAL PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME PADA MAHASISWA NON MUSLIM DI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Anis Marfuah, NIM. 17204010147 (2019) TUTORIAL PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME PADA MAHASISWA NON MUSLIM DI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TUTORIAL PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME PADA MAHASISWA NON MUSLIM DI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG)
17204010147_Anis Marfuah_HALAMAN DEPAN_BAB I_BAB IV.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (TUTORIAL PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME PADA MAHASISWA NON MUSLIM DI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG)
17204010147_BAB -II_ sampai_ SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula di Pendidikan perguruan Tinngi, Universitas Islam Swasta selama ini tidak hanya menerima mahasiswa muslim saja, akan tetapi mahasisiwa non muslimpun juga di terima dalam Universitas swasta ini. Dalam hal ini peraturan dan suatu program yang disamakan tidak membeda-bedakan antara mahasiswa yang muslim dengan yang non muslim, yaitu persamannya terletak pada suatu program kegiatanya itu semuanya tanpa terkecuali wajib mengikuti program yang telah ditentukan oleh Universitas yaitu dengan adanya mengikuti program Tutorial PAI selama satu semester atau dikatakan dua semester. Ditempat inilah Salah satu univesitas swasta yang melaksanakan program tutorial PAI Pada mahasiswa non Muslim, yaitu diajarkan dan diperkenalkan ilmu agama Islam, Islam itu seperti apa, adapun pelaksana tutorial PAI adalah semua mahasisiwa yang ada di Universitas Islam Sultan Agung Semarang, tetapi dalam penelitian ini hanya fokus pada mahasisiwa non Muslim saja yang ada di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan metode apa yang digunakan dalam pelaksanaan tutorial PAI serta konsribusinya. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan (Field Resarch) yang bersifat kualitatif. Adapun subyek penelitian ini yaitu.Kepala Lembaga pelaksana program tutorial PAI, Mentor mahasiswa non muslim, serta mahasiswa non muslim. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi, serta keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses kegiatan Tutorial PAI ini menggunakan metode Diskusi, metode diskusi ini dalam prakteknya ialah setiap kali pertemuan mahasiswa berdiskusi dengan tema-tema yang telah ditentukan dalam kurikulum tutorial PAI yang telah ditentukan oleh LP-BUDAI dengan pengawasan oleh satu tutor. Studi Kasus, Ceramah, dan Penugasan. dalam hal ini konstribusi yang telah diberikan kepada peserta ialah para peserta tutorial PAI yang dari mahasiswa non Muslim sendiri rata-rata mereka mendapatkan wawasan atau ilmu baru tentunya sebuah kajian baru tentang apa itu sendiri agama Islam serta mendapatkan ilmu-ilmu yang di dalamnya dari materi yang telah di sampaikan dalam kegiatan tutorial PAI yang dilaksanakan pada setiap hari Sabtu. Kemudian hasil yang mereka peroleh ialah mereka mendapatkan surat keterangan pengganti sertifikat khusus untuk mahasiswa non Muslim karena telah mengikuti kegiatan tutorial PAI ini selama satu tahun atau dua semester.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Karwadi, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tutorial PAI, Mahasisiwa Non Muslim, Penanaman Nilai-Nilai Multikulturalisme
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2020 09:28
Last Modified: 23 Oct 2020 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38720

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum