EFEKTIVITAS MODEL CLASSROOM ASSESSMENT BERBASIS INKUIRI UNTUK MENUMBUHKAN SELF-REGULATION SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 3 SLEMAN

Ruly Gusmanto, NIM. 17204010148 (2019) EFEKTIVITAS MODEL CLASSROOM ASSESSMENT BERBASIS INKUIRI UNTUK MENUMBUHKAN SELF-REGULATION SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 3 SLEMAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL CLASSROOM ASSESSMENT BERBASIS INKUIRI UNTUK MENUMBUHKAN SELF-REGULATION SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 3 SLEMAN)
17204010148_BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL CLASSROOM ASSESSMENT BERBASIS INKUIRI UNTUK MENUMBUHKAN SELF-REGULATION SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 3 SLEMAN)
17204010148_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Classroom assessment adalah suatu penilaian berbasis kelas. Classroom assessment termasuk ke dalam penilaian formatif, yang berarti dalam penilaian berbasis kelas ini dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan dalam penerapan model classroom assessment berbasis pendekatan inkuiri untuk menumbuhkan self-regulation siswa kelas VIII dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 3 Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimentaldengan menggunakan desain penelitian preeksperiment one group preetest-posttest design. Data penelitian diperoleh dari instrument tes dan angket yang di jawab oleh siswa. Model classroom assessment yang diteliti yaitu 1) tes tertulis berbentuk pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif peserta didik, 2) peer-assessment dan self-assessment berbentuk angket untuk mengukur ranah afektif peserta didik, dan untuk mengetahui peningkatan self-regulation menggunakan hasil data angket peserta didik. Hasil penelitian dari efektivitas model classroom assessment berbasis inkuiri untuk menumbuhkan selfregulation siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 3 Sleman adalah: 1) Dalam pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan pendekatan inkuiri meliputi orientasi, eksplorasi, pembentukan konsep, aplikasi dan penutup. 2) Dari hasil uji paired sample t-test untuk hasil belajar siswa menunjukkan hasil 0.000 ( Sig < 0.05), maka H0 ditolak, artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah mengalami pembelajaran melalui viii pendekatan inkuiri. 3) Dari hasil uji paired sample t-test untuk self-regulation siswa menunjukkan hasil 0.000 (Sig < 0.05), maka H0 ditolak, artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada self-regulation siswa setelah mengalami pembelajaran melalui pendekatan inkuiri. 4) Tingkat keefektivitasan dari intrumen classroom assessment berbasis inkuiri menggunakan uji normalized gain untuk meningkatkan hasil belajar tergolong “sedang” (0,70 > (g) ≥ 0,30), yaitu (a) Pilihan ganda = 0.4851, (b) peer-asessment = 0.4029, dan (c) self-assessment = 0.5278. 5) Dari hasil uji normalized gain, menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil data angket self-regulation dalam penerapan model classroom assessment berbasis inkuiri untuk menumbuhkan selfregulation siswa tergolong “sedang”, yaitu 0.3842 (0,70 > (g) ≥ 0,30).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Classroom Assessment, Pendekatan Inkuiri, Self-Regulation
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2020 09:28
Last Modified: 23 Oct 2020 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38721

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum