RELEVANSI KURIKULUM MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DENGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN MUHAMMAD ABDUH

Juni Prasetya, NIM. 17204010155 (2019) RELEVANSI KURIKULUM MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DENGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN MUHAMMAD ABDUH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI KURIKULUM MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DENGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN MUHAMMAD ABDUH)
17204010155_Juni Prasetya_BAB I, BAB IV, DATAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI KURIKULUM MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DENGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN MUHAMMAD ABDUH)
17204010155_Juni Prasetya_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pada akhir abad ke-19 M, akibat kemunduran umat Islam, muncul gagasan pembaharuan pendidikan di Mesir dengan tokoh yang berpengaruh yaitu Muhammad Abduh. Pembaharuan pendidikan yang dilakukan Muhammad Abduh memiliki hubungan dengan pembaharuan pendidikan yang dilakukan KH Ahmad Dahlan. Hal ini berdasarkan data ilmiah dan fakta sejarah yang ditemukan peneliti. Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta merupakan madrasah yang didirikan langsung oleh KH Ahmad Dahlan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kurikulum Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah dengan pemikiran pendidikan Muhammad Abduh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memadukan jenis penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Sumber data penelitian ini adalah dokumen kurikulum madrasah, kitab Muhammad Abduh, Wakil Direktur bagian Pendidikan dan Pengajaran, Pengajar dan Staf Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Sedangkan, teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Muhammad Abduh untuk tujuan pendidikan menekankan pendidikan akal dan jiwa. Materi pembelajaran yang diajarkan ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum. Metode Pembelajaran yang diterapkan adalah metode pemahaman konsep dengan teknik diskusi. Dan evaluasi pembelajaran yang digunakan dapat mengembangkan akal yaitu dengan penelitian atau makalah. Sedangkan, kurikulum Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tujuan pendidikan menekankan kemampuan keagamaan, keilmuan dan kemuhammadiyahan. Materi pembelajaran yang diajarkan materi keagamaan, keilmuan dan kemuhammadiyahan. Metode pembelajaran yang diterapkan seperti inquiri, discoveri dan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik. Dan evaluasi pembelajaran yang digunakan meliputi tiga dimensi yaitu dimensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Relevansi kurikulum Madrasah Mu’allimin dengan pemikiran pendidikan Muhammad Abduh adalah 1) tujuan pendidikan; (a) integrasi jiwa dan akal, (b) berpusat pada peserta didik. 2) materi pembelajaran; (a) integrasi ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum, (b) integrasi ilmu menerapkan model modernisasi Islam. 3) metode pembelajaran; (a) berbasis eksperimen, (b) menempatkan peserta didik sebagai subyek dan pendidik sebagai fasilitator. Dan 4) evaluasi pembelajaran; (a) berpusat pada potensi peserta didik, (b) berbasis produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Pemikiran Pendidikan dan Kurikulum Madrasah
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2020 09:30
Last Modified: 23 Oct 2020 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38725

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum