UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN DENGAN MENGGUNAAN ALAT PERAGA DI KELAS II MI MA'ARIF BEGO

SUPRAPTI - NIM. 07480002-E, (2010) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN DENGAN MENGGUNAAN ALAT PERAGA DI KELAS II MI MA'ARIF BEGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN DENGAN MENGGUNAAN ALAT PERAGA DI KELAS II MI MA’ARIF BEGO)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN DENGAN MENGGUNAAN ALAT PERAGA DI KELAS II MI MA’ARIF BEGO)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)

Abstract

Latar Belakang masalah ini adalah bahwa idealnya prestasi belajar anak meningkat dengan pembelajaran yang menyenangkan dan penggunaan alat peraga yang sesuai sehingga anak mudah dalam menerima pembelajaran. Namun kenyataannya prestasi anak masih kurang memuaskan dan tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal karena model pembelajaran yang masih bersifat tradisional dan tanpa penggunaan alat peraga yang tepat. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang upaya meningkatkan prestasi matematika pokok bahasan perkalian melalui penggunaan alat peraga. Permasalah dalam penelitan ini adalah Bagaimana siswa dapat memahami cara penyelesaian perkalian, Bagaimana dengan penggunaan alat peraga dapatkah meningkatkan prestasi belajar siswa, Bagaimana keadaan siswa selama mengikuti proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang cara penyelesaian perkalian, mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika melalui penggunaan alat peraga dan mengetahui keadaan siswa selama mengikuti pembelajaran di kelas II MI Ma'arif Bego. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II A MI Ma'arif Bego tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, angket, jurnal dan tes prestasi siswa. Analisis data dengan mengunakan diskripsi kualitatif dan dihitung secara kuantitatif. Pengecekan keabsahan data dengan cara trianggulasi. Hasil Penelitian menunjukkan : 1) Pembelajaran dengan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menyelesaikan perkalian. 2) Pembelajaran dengan menggunaan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Prestasi yang dicapai pada siklus pertama 6,85 dan siklus kedua 8,41 rata-rata ini telah melebihi KKM madrasah. 3) Keadaan siswa selama membelajaran dengan menggunakan alat peraga sangat kondusif, sehingga apa yang diharapkan mudah tercapai. Hasil observasi aktifitas dan sikap siswa pada siklus pertama sebesar 71,25% dan siklus kedua 82,5%, dilihat persentasenya meningkat berarti pembelajaran telah sukses sesuai harapan guru yaitu siswa minat dan suasana kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Alat Peraga, Perkalian.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2012 14:39
Last Modified: 17 Jan 2017 07:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3873

Actions (login required)

View Item View Item