PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN

HENDRI SUGIANTO, NIM, 17204011088 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN)
17204011088_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN)
17204011088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mulai rusaknya tatanan nilai moral keagamaan di kalangan remaja baik dilingkungan sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat. Masuknya paham liberalisme, hedonisme dan sekularisme di dalam kehidupan mereka. Hal ini dapat dilihat dari kenyataan-kenyataan yang terjadi sekarang ini seperti banyaknya siswa yang terkena kasus narkoba, seks bebas hingga aborsi, perkelahian antar siswa. Dan juga dalam pembelajaran SKI yang metodenya dilakukan oleh guru selalu bersifat monoton seperti selalu menggunakan metode ceramah, bercerita sehingga ada kenjanggalan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran SKI dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman. Untuk mengetahui bagaimana upaya atau strategi yang dilakukan oleh para guru di sekolah maupun guru mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas peserta didik, serta untuk mengetahui bagaimana hasil penanaman nilai-nilai religiusitas peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara langsung di tempat penelitian. Teknik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara mendalam,serta dokumentasi. Sedangakan analisis menggunakan analisis deskriptif dengan mendeskripsikan penanaman nilai-nilai religiusitas peserta didik melalui pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Proses pembelajaran SKI yaitu dengan cara guru menyiapkan RPP atau tujuan pembelajaran serta menggunakan metode debat aktif, metode peer lesson, dan metode ceramah. 2) strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa seperti strategi pendidikan dengan keteladanan, pendidikan dengan adat kebiasaan, pendidikan dengan nasehat, pendidikan dengan memberikan perhatian pendidikan dengan hukuman, meneladani para tokoh sejarah. 3) hasil dari strategi penanaman nilai-nilai religius adalah menambah keimanan peserta didik, menumbuhkan ketakwaan peserta didik, peserta didik istiqomah dalam beribadah, menumbuhkan rasa cinta terhadap agamanya, tanggung jawab dan peduli lingkungan, menjadikan peserta didik tawaduk, serta siswa mampu membentengi dirinya dari pengaruh negatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai-Nilai Religius Peserta didik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2020 13:56
Last Modified: 23 Oct 2020 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38739

Actions (login required)

View Item View Item