PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA

Ahmad Qoyum Baihaki, S.Pd, NIM.17204011107 (2019) PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA)
17204011107_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA)
17204011107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya perhatian dari pihak lembaga pendidikan terhadap perilaku dan karakter siswa khususnya pada jenjang sekolah dasar sehingga menyebabkan degradasi moral dalam dunia pendidikan di Indonesia. Penelitian ini difokuskan pada Pendidikan holistik dalam pembentukan karakter siswa SD INTIS School Yogyakarta. Adapun sub fokus penelitian ini, yaitu bagaimana Implementasi Pendidikan Holistik dalam Pembentukan Karakter siswa SD INTIS School Yogyakarta, bagaimana Aktualisasi nilai karakter sebagai hasil Pendidikan Holistik SD INTIS School Yogyakarta, dan faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan Pendidikan holistik dalam pembentukan karakter siswa SD INTIS School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan di SD INTIS School Yogyakarta. Subyek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru PAI, guru kelas, dan peserta didik SD INTIS School Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan sumber data penelitian berupa dokumentasi dan narasumber, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu triangulasi data yang mana hasil dari teknik pengumpulan data wawancara divalidasi dengan data observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan holistik dalam Pembentukan karakter siswa yaitu dengan Pendidikan kontekstual, Pendidikan menyeluruh, dan Pendidikan dengan pendekatan “being” meliputi metode-metode yang efektif meliputi keteladanan, pembiasaan, bercerita, brain game, dan metode active learning (2) Aktualisasi nilai karakter siswa sebagai hasil pendidikan holistik yaitu karakter religius, cinta kebersihan dan lingkungan, jujur, peduli dan cinta tanah air (3) faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan holistik dalam Pembentukan karakter siswa meliputi lingkungan yang nyaman dan menyenangkan, kurikulum yang berbasis karakter, guru yang berkompeten dan berkarakter, dan kerjasama orangtua dan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Na’imah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Holistik, Karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2020 09:39
Last Modified: 02 Nov 2020 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum