Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Ujian Nasional Melalui Bimbingan Kelompok Di SMP Islam Ngadirejo Temanggung

Ana Fitriani, NIM.17204011112 (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Ujian Nasional Melalui Bimbingan Kelompok Di SMP Islam Ngadirejo Temanggung. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Ujian Nasional Melalui Bimbingan Kelompok Di SMP Islam Ngadirejo Temanggung)
17204011112-BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Ujian Nasional Melalui Bimbingan Kelompok Di SMP Islam Ngadirejo Temanggung)
17204011112-BAB-II_sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sukses dan tidaknya ujian nasional peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang bersumber dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) diri seseorang atau peserta didik. Faktor yang mempengaruhi hasil ujian nasional adalah kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Tidak hanya itu, proses pembelajaran diluar jam pelajaran atau sering disebut bimbingan kelompok juga merupakan salah satu jawaban bagi peserta didik dalam menghadapi dan mensukseskan ujian nasional. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kecerdasan emosional melalui bimbingan kelompok terhadap hasil ujian nasional di SMP Islam Ngadirejo Temanggung?,bagaimana pengaruh kecerdasan spiritual melalui bimbingan kelompok terhadap bimbingan kelompok di SMP Islam Ngadirejo Temanggung?,bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual melalui bimbingan kelompok terhadap hasil ujian nasional?,Tujuan penelitian ini adalah 1. Mengatahui pengaruh kecerdasan emosional melalui bimbingan kelompok terhadap hasil ujian nasional di SMP Islam Ngadirejo Temanggung. 2. Mengatahui pengaruh kecerdasan spiritual melalui bimbingan kelompok terhadap hasil ujian nasional di SMP Islam Ngadirejo Temanggung. 3. Mengatahui pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual melalui bimbingan kelompok terhadap hasil ujian nasional melalui kegiatan bimbingan kelompok. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif, sampel yang didapat sebesar 74 responden. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisa jalur. Hasil analisis data empat variabel yaitu variabel X1,X2,X3 dan variabel Y mendapat persepsi baik dari responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: (1) Kecerdasan Emosional (EQ) berpengaruh siginfikan dan positif terhadap hasil ujian nasional melalui bimbingan kelompok di SMP Islam Ngadirejo. Persepsi responden mengenai pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual melalui kegiatan bimbingan kelompok terhadap Hasil Ujian Nasional dinyatakan baik, dibuktikan dengan hasil koofisien regresi sebesar 0, 135. (2) Kecerdasan Spiritual (SQ) berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap hasil ujian nasional melalui bimbingan kelompok di SMP Islam Ngadirejo. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan regresi sebesar -0,268. (3) Kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) melalui bimbingan kelompok (X3) berpengaruh terhadap hasil ujian nasional (Y). hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan r hitung > r tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sukiman
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual
Subjects: Pendidikan > Instrumen Penilaian
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 02 Nov 2020 10:06
Last Modified: 02 Nov 2020 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38742

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum