MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI “KAMPUNG ARAB KEBUMEN”

Muhammad Jafar Shodiq, NIM. 1430016022 (2019) MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI “KAMPUNG ARAB KEBUMEN”. Doctoral thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI “KAMPUNG ARAB KEBUMEN”)
1430016022 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI “KAMPUNG ARAB KEBUMEN”)
1430016022 BAB II, III, IV .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah banyak peserta didik yang sudah belajar bahasa Arab bertahun-tahun tetapi belum mampu berbahasa Arab secara aktif komunikatif. Padahal salah satu indikasi seseorang memiliki ketrampilan berbahasa Arab adalah jika seseorang tersebut mampu berbicara dengan bahasa Arab, karena hakikat bahasa adalah berbicara atau berujar. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam ketrampilan berbicara adalah lingkungan. Di antara penyelenggara pendidikan yang menjadikan lingkungan sebagai sarana untuk pemerolehan bahasa adalah “Kampung Arab Kebumen”. Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui program kerjanya membuat “Kampung Arab Kebumen” yang berlokasi di desa Tanjungsari, kecamatan Petanahan, kabupaten Kebumen. Program unggulan dari “Kampung Arab Kebumen” adalah “empat belas hari fasih berbahasa Arab”. Penelitian ini bertujuan untuk menderskripsikan model pembelajaran bahasa Arab di “Kampung Arab Kebumen”, bagaimana penerapan dan dampaknya, serta merumuskan model alternatif dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus tunggal. Data diperoleh melalui survey, dokumen, observasi dan wawancara mendalam, kemudian secara induktif diolah dan dianalisis dengan merumuskan interpretasi makna. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan fokus permasalahan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penelusuran mendalam tentang model pembelajaran bahasa Arab di “Kampung Arab Kebumen” menghasilkan temuan model alternatif dalam pembelajaran bahasa Arab, yaitu model pembelajaran bahasa Arab tekwe. Model pembelajaran bahasa Arab tekwe ini memiliki pendekatan, strategi, metode dan teknik yang berbeda dengan model pembelajaran bahasa yang lain. Ciri khusus dari model ini adalah “belajar bahasa mandiri” dan lingkungan bahasa. 2) Pelaksanaan model pembelajaran bahasa Arab tekwe di “Kampung Arab Kebumen” dibagi dalam tiga tahapan, yaitu pre pelaksanaan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan. 3) Dampak dari model pembelajaran bahasa Arab tekwe ini dapat dilihat dalam ketrampilan berbahasa Arab yang ditampilkan oleh warga pembelajar dalam kegiatan ceremonial penutupan. Beberapa lulusan “Kampung Arab Kebumen” menjelaskan bahwa setelah mereka selesai mengikuti pembelajaran menjadi lebih percaya diri dalam berbicara menggunakan bahasa Arab, padahal sebelumnya mereka merasa tidak percaya diri, minder dan takut salah. Lulusan yang lain menerapkan model pembelajaran bahasa Arab tekwe di kelas. Secara tidak langsung ini menjadi bukti keteralihan model ini. Selain itu dampak dari model pembelajaran tekwe ini juga bisa dilihat dari pemberitaan beberapa media massa yang menyatakan bahwa setahun setelah pembukaan program “Kampung Arab Kebumen” warga sekitar sudah mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab, meskipun mereka berprofesi sebagai petani. Kontribusi penelitian ini adalah temuan model pembelajaran bahasa Arab tekwe dan konsep pembelajaran bahasa Arab integratif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 1. Prof. Dr. H. Sugeng Sugiyono, M.A 2. Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Bahasa Arab, “Kampung Arab Kebumen”.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2020 19:22
Last Modified: 02 Nov 2020 19:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38752

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum