MEDIA PEMBELAJARAN ORIENTASI DAN MOBILITAS DALAM MATERI ARAH MATA ANGIN DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

WAWAN ADI HANDOKO - NIM. 04410740, (2010) MEDIA PEMBELAJARAN ORIENTASI DAN MOBILITAS DALAM MATERI ARAH MATA ANGIN DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (MEDIA PEMBELAJARAN ORIENTASI DAN MOBILITAS DALAM MATERI ARAH MATA ANGIN DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (634Kb)
[img] Text (MEDIA PEMBELAJARAN ORIENTASI DAN MOBILITAS DALAM MATERI ARAH MATA ANGIN DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (523Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui media yang digunakan dalam mengajarkan arah mata angin pada mata pelajaran Orientasi dan Mobilitas (OM), dengan dikandung maksud agar pembaca mengetahui betapa pentingnya arah mata angin bagi siswa penyandang tunanetra, dan kemampuan mereka dalam menentukan arah mata angin merupakan kemampuan yang wajar (ilmiah), bukan merupakan kemampuan yang aneh atau tidak ilmiah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan, seperti di lingkungan masyarakat, lembaga-lembaga dan organisasi kemasyarakatan serta lembaga pemerintahan. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan data di SLB-A Yaketunis, Mantrijeron, Yogyakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan psikologi pendidikan karena terkait dengan pembelajaran dan media yang digunakan. Subyek dari penelitian ini ditentukan melalui teknik populasi. Adapun subyek penelitian dari penelitian ini adalah: Kepala SLB-A Yaketunis sebagai pimpinan dan pengambil kebijakan sekolah, Wakil Kepala SLB-A Yaketunis selaku pemegang bagian kurikulum, dan guru mata pelajaran orientasi dan mobilitas. Sedangkan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang digunakan dalam mengajarkan materi arah mata angin ada tiga bagian yaitu: Pertama, media alam. Media ini terdiri dari sinar matahari dan angin yang bertiup. Kedua, media lingkungan sekitar. Media ini terdiri dari: jalan yang membentang, posisi gedung, posisi tempat ibadah, posisi tempat imam berada. Terakhir adalah alat peraga. Media ini hanya satu jenis yaitu jarum jam sebagai pengganti kompas. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam mengajarkan arah mata angin adalah: Untuk faktor pendukung terdiri dari: Pertama, pengalaman lembaga yang pernah berkecimpung di dunia tunanetra khususnya mata pelajaran orientasi dan mobilitas serta pembelajaran arah mata angin. Kedua, terdapatnya guru yang ahli dalam bidang orientasi dan mobilitas. Adapun faktor penghambatnya adalah: Media pembelajaran yang tidak lengkap, minimnya tenaga pengajar yang ahli di bidang orientasi dan mobilitas, serta kurangnya perhatian dari Dinas Pendidikan, khususnya Direktorat Pendidikan Luar Biasa tentang mata pelajaran orientasi dan mobilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Orientasi Dan Mobilitas, Materi Arah Mata Angin di SLB-A
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2012 10:10
Last Modified: 03 Sep 2012 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3876

Actions (login required)

View Item View Item