PROSES PENDAMPINGAN LEMBAGA SOSIAL TIM ADVOKASI ARUS BAWAH DALAM PENDIDIKAN MASYARAKAT MARGINAL KAMPUNG LEDHOK TIMOHO YOGYAKARTA

L.D Alfi Hidayati, NIM. 14720008 (2020) PROSES PENDAMPINGAN LEMBAGA SOSIAL TIM ADVOKASI ARUS BAWAH DALAM PENDIDIKAN MASYARAKAT MARGINAL KAMPUNG LEDHOK TIMOHO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROSES PENDAMPINGAN LEMBAGA SOSIAL TIM ADVOKASI ARUS BAWAH DALAM PENDIDIKAN MASYARAKAT MARGINAL KAMPUNG LEDHOK TIMOHO YOGYAKARTA)
14720008_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROSES PENDAMPINGAN LEMBAGA SOSIAL TIM ADVOKASI ARUS BAWAH DALAM PENDIDIKAN MASYARAKAT MARGINAL KAMPUNG LEDHOK TIMOHO YOGYAKARTA)
14720008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (989kB)

Abstract

Pendidikan bagian yang penting didalam kehidupan manusia, tanpa adanya pendidikan manusia tidak akan maju secara pengalaman maupun pemikiran apalagi di era modern sekarang ini. Pada kenyataanya mengakses pendidikan itu tidak mudah, bagi masyarakat marginal yang terngganjal masalah biaya. Masyarakat marginal di Kampung Ledhok Timoho adalah salah satu yang kesulitan mengakses pendidikan. Permasalahan keadaan ekonomi yang kurang mampu membuat anak-anak di lingkungan sekitar ikut orang tuanya bekerja. Lembaga sosial Tim Advokasi Arus Bawah membantu mengatasi permasalahan masyarakat marginal di lingkungan Kampung Ledhok Timoho dan sekitarnya yang kesulitan untuk mengakses pendidikan agar dapat mengakses pendidikan dengan layak. TAABAH membantu masyarakat mengakses pendidikan dengan melakukan pendampingan pendidikan melalui didirikannya Sekolah Gajah Wong.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendampingan lembaga sosial Tim Advokasi Arus Bawah (TAABAH) dalam pendidikan masyarakat marginal di Kampung Ledhok Timoho dan sekitarnya melalui didirikannya sekolah Gajah Wong. Teori yang digunakan adalah teori Pemberdayaan Masyarakat oleh Edi Suharto. Dalam teori tersebut dijelaskan pendampingan sosial melalui 4 fungsi yaitu pemungkinan atau fasilitasi, penguatan, perlindungan, dan pendukungan. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dengan 7 informan, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, model data atau data display, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pendampingan lembaga sosial Tim Advokasi Arus Bawah dalam pendidikan masyarakat marginal berdasarkan 4 fungsi pendampingan, pertama : pemungkinan yaitu pendampingan diawali dengan membentuk lembaga sosial dan sekolah, door to door, pola asuh orang tua yang tidak berubah dan belandaskan hak anak. Kedua penguatan, yaitu : dengan sosialisasi parenting, dan pengayaan atau evaluasi untuk edukator. Ketiga perlindungan, yaitu edukator menjadi satu atau membaur dengan kehidupan masyarakat dan dengan jemput bola mengajak anak-anak bermain terlebih dahulu, dan yang keempat pendukungan yaitu yang mendukung proses pendampingan adalah kontribusi edukator itu sendiri dan peran masyarakat yang bekerja sama dan turut mendukung pendampingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Yayan Suryana, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendampingan, Taabah, Masyarakat marginal.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:27
Last Modified: 16 Nov 2020 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38769

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum