AINUN NADHIROH - NIM. 05450014, (2010) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI MENGGUNAKAN MODEL SEL SEBAGAI MEDIA BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII B MTs NEGERI LABORATORIUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI MENGGUNAKAN MODEL SEL SEBAGAI MEDIA BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII B MTs NEGERI LABORATORIUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (960kB) | Preview |
|
Text (PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI DAN PRESENTASI MENGGUNAKAN MODEL SEL SEBAGAI MEDIA BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII B MTs NEGERI LABORATORIUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dikelas VII B MTs Negeri Lab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun ajaran 2008/2009. Bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model Sel sebagai media belajar Biologi pada sub materi Sel. Penelitian ini terdiri dari dua siklus pembelajaran dan tiap siklusnya dilakukan dalam satu kali pertemuan. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan membagi siswa menjadi enam kelompok. Setiap kelompok diberi LKS dan media berupa model Sel, kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan presentasi. Metode yang diberikan tiap siklusnya sama yaitu diskusi dan presentasi. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan prestasi belajar siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya rasa senang dan puas siswa, rasa tertarik siswa, perhatian siswa, reaksi siswa, serta aktif (semangat siswa) dalam mempelajari media dan materi pelajaran. Selain itu prestasi siswa juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu ditandai dengan meningkatnya nilai ratarata post-test pada siklus I yaitu 6,16 menjadi 7,28 pada siklus II, maka dapat diketahui bahwa Effect size yang dihasilkan adalah 1,12. Dengan demikian, penelitian dengan menggunakan model Sel sebagai media belajar Biologi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII B MTs Negeri Lab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun ajaran 2008/2009.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Satino, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Model, Metode Diskusi dan Presentasi,Motivasi, Prestasi |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Miftakhul Yazid Fuadi [staff it] |
Date Deposited: | 06 Sep 2012 18:42 |
Last Modified: | 13 Dec 2016 09:35 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3881 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |