MEKANISME REKRUTMEN ANGGOTA DAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF OLEH PARTAI POLITIK (STUDI TERHADAP PDIP, PARTAI GERINDRA DAN PARTAI PERINDO DI KOTA YOGYAKARTA PADA PEMILU 2019)

KHOLIL HASYIM NUR MAHMUD, NIM. 15340093 (2019) MEKANISME REKRUTMEN ANGGOTA DAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF OLEH PARTAI POLITIK (STUDI TERHADAP PDIP, PARTAI GERINDRA DAN PARTAI PERINDO DI KOTA YOGYAKARTA PADA PEMILU 2019). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEKANISME REKRUTMEN ANGGOTA DAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF OLEH PARTAI POLITIK (STUDI TERHADAP PDIP, PARTAI GERINDRA DAN PARTAI PERINDO DI KOTA YOGYAKARTA PADA PEMILU 2019))
15340093_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MEKANISME REKRUTMEN ANGGOTA DAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF OLEH PARTAI POLITIK (STUDI TERHADAP PDIP, PARTAI GERINDRA DAN PARTAI PERINDO DI KOTA YOGYAKARTA PADA PEMILU 2019))
15340093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan sesuai bunyi Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945 yang kemudian diwujudkan dengan dibentuknya partai politik sebagai salah satu pilar demokrasi dalam sistem politik di Indonesia. Partai politik merupakan salah satu wujud partisipasi masyarakat dalam mengembangkan kehidupan demokrasi dengan memegang peranan penting untuk mencetak calon pemimpin bangsa, baik atau tidaknya pemimpin tergantung dari kualitas partai politik dalam melakukan rekrutmennya. Salah satu fungsi partai politik yang penting bagi kelangsungan partai politik yaitu melalui rekrutmen politik. Tentunya dalam melakukan rekrutmen, partai politik harus melakukan rekrutmen dengan selektif agar nantinya siapa yang akan masuk dalam kandidasi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan dan peraturan masing-masing partai politik. Jenis penelitian ini menggunakan studi lapangan (field research), teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara dengan fungsionaris partai politik di Kota Yogyakarta seperti Ketua, Sekretaris, Bendahara dan beberapa pihak terkait. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris yang mana melihat kesesuaian dari data-data di lapangan yang merupakan data primer dengan bahan hukum sekunder yaitu peraturan perundang-undangan. Partai politik yang menjadi sampel adalah PDIP, Partai Gerindra dan Partai Perindo. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitis yang coba memaparkan mekanisme rekrutmen oleh partai politik di Kota Yogyakarta dengan meneliti data-data yang telah terkumpul. Hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rekrutmen oleh PDIP, Partai Gerindra dan Partai Perindo di Kota Yogyakarta mencakup rekrutmen anggota dan rekrutmen calon anggota legislatif. Pada rekrutmen anggota cenderung memiliki persamaan, dimana syarat dan prosedur rekrutmen dapat diketahui secara luas, sehingga bisa dikatakan menggunakan mekanisme rekrutmen terbuka dengan indikator calon anggota yang direkrut telah cukup umur dan memiliki KTP. Sedangkan rekrutmen calon anggota legislatif menunjukkan adanya perbedaan. PDIP misalnya, menggunakan mekanisme rekrutmen tertutup, dimana syarat dan prosedur rekrutmen tidak dapat secara bebas diketahui umum dengan indikator yakni loyalitas dan ketokohan di masyarakat dari calegnya. Untuk Partai Gerindra cenderung menggunakan mekanisme rekrutmen terbuka dengan indikator calegnya memiliki kapabilitas untuk direkrut, bahkan dari Partai Gerindra sendiri mampu mengakomodir caleg penyandang disabilitas di Pemilu 2019 ini. Terakhir yakni Partai Perindo menggunakan mekanisme rekrutmen yang lebih terbuka, dengan indikator program politik partai dan mengedepankan citra sebagai partai politik pendatang baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurainun Mangunsong, S.H., M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: Partai Politik, Rekrutmen, Mekanisme dan Indikator
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Mar 2020 09:35
Last Modified: 17 Mar 2020 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38814

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum