Pengantar Manajemen Pendidikan Islam; Perencanaan, Pengorganisasian, dan Pengawasan dalam Pengelolaan Pendidikan Islam

Machali Imam, Imam and Hamid Noor, Noor (2017) Pengantar Manajemen Pendidikan Islam; Perencanaan, Pengorganisasian, dan Pengawasan dalam Pengelolaan Pendidikan Islam. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan KAlijaga Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-602-61179-4-6

[img]
Preview
Text (Pengantar Manajemen Pendidikan Islam; Perencanaan, Pengorganisasian, dan Pengawasan dalam Pengelolaan Pendidikan Islam)
Buku Pengantar Manajemen Pendidikan Islam.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen dalam pelaksanaan program pendidikan bukanlah tujuan tetapi alat atau metode untuk mencapai mutu dan meningkatkan performance yang harapkan. Di indonesia upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan telah dilakukan, salah satunya adalah dengan perbaikan pola manajemen. Kebijakan desentralisasi adalah bentuk pebaikan dan reparadigmatisasi pengelolaan pendidikan dimana terdapat penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah kepada daerah untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya. Diantara aspek yang menjadi kewenangan pemerintah daerah (provinsi) adalah penyelenggaraan pendidikan dan alokasi sumber daya manusia potensial. Hal ini merupakan jawaban dan solusi keterpurukan pendidikan nasional yang menurut World Bank dalam Educational Indonesia: From Crisis to Recovery disebabkan oleh empat hal yaitu, pertama kompleksitas pengorganisasian pendidikan, Kedua, praktek manajemen yang sentralistik, Ketiga, penganggaran dan pengelolaan pendidikan yang kaku, dan Keempat, manajemen pada tingkat sekolah yang tidak efektif. Inti dari keempat persoalan tersebut sesunggunnya terletak pada manajemen pendidikan, sehingga persoalan-persoalan pendidikan tidak dapat diselesaikan secara efektif dan efesien. Pengelolaan pendidikan dengan manajemen yang baik—efektif, efisien, transparan, dan akuntabel—harus terus diupayakan, sebab pendidikan dengan pengelolaan yang baiklah yang dapat membawa bangsa bangkit dari keterpurukan dan menjadi investasi di masa yang akan datang. Investasi yang baik dan produktif akan membawa kepada perolehan keuntungan (earning) yang pada akhirnya berkontribusi terhadap kecepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan Islam; Perencanaan; Pengorganisasian; Pengawasan; pengelolaan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Buku
Depositing User / Editor: Dr Imam Machali, M.Pd
Date Deposited: 11 May 2020 09:51
Last Modified: 11 May 2020 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38824

Actions (login required)

View Item View Item