KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI KONFLIK PERKAWINAN BEDA ETNIS DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA

Silvia Hadi, NIM. 16220003 (2020) KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI KONFLIK PERKAWINAN BEDA ETNIS DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI KONFLIK PERKAWINAN BEDA ETNIS DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA)
16220003_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI KONFLIK PERKAWINAN BEDA ETNIS DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA)
16220003_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh maraknya kasus perceraian di Malaysia dengan salah satu faktor ialah perbedaan etnis maka muncul suatu konflik dan secara khusus kasus ini terjadi pada konseli di Pusat Kaunseling MAINS Malaysia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan tahap-tahap konseling individu dalam menangani konflik perkawinan beda etnis di Pusat Kaunseling MAINS. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah konselor Pusat Kaunseling MAINS cabang Seremban yang pernah melaksanakan sesi konseling individu pada pasangan berbeda etnis dan konseli dengan masalah perkawinan beda etnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan konseling individu ada tiga yaitu tahap awal konseling, tahap pertengahan (tahap kerja), dan tahap akhir konseling (tahap tindakan). Pada dasarnya konseling individu di Pusat Kaunseling MAINS hampir sama dengan konseling individu pada umumnya namun yang membedakannya adalah para konselor yang ada di Pusat Kaunseling MAINS memasukkan nilai-nilai keagamaan pada tahapan konseling sebagai landasan agar konseli kembali sesuai fitrahnya sebagai umat beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A.Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Konflik Perkawinan Beda Etnis, PK MAINS
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Apr 2020 13:54
Last Modified: 02 Apr 2020 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum