SELF-HEALING ISTRI KORBAN PERSELINGKUHAN SUAMI DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA

ARINI KHAMSIATUL EFFIAH, NIM 16220026 (2020) SELF-HEALING ISTRI KORBAN PERSELINGKUHAN SUAMI DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SELF-HEALING ISTRI KORBAN PERSELINGKUHAN SUAMI DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA)
16220026_BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SELF-HEALING ISTRI KORBAN PERSELINGKUHAN SUAMI DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA)
16220026_BAB-II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena perselingkuhan yang terjadi, tidak hanya di Indonesia namun juga di Malaysia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahapan self-healing istri korban perselingkuhan suami oleh konselor di Pusat Kaunseling Majlis Agama Islam Negeri Sembilan Malaysia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orangang konselor yang menggunakan tahapan self-healing. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah tahapan self-healing istri korban perselingkuhan suami. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan self-healing yang dilakukan istri korban perselingkuhan suami di Pusat Kaunseling MAINS Malaysia, yaitu: Pertama, tahap mengkonsepsi isu (the decision to heal) adalah tahap pengenalan masalah. Kedua, tahap pengurusan emosi (the emergency stage) adalah tahap pengendalian emosi. Ketiga, tahap pengurusan diri (breaking silence) adalah tahap berfikir rasional. Keempat, tahap pengurusan strategi (disclosures and confrontation) adalah tahao berkompromi. Kelima, tahap kesadaran diri (resolution and moving on) adalah tahap pilihan akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Self-Healing Istri, Perselingkuhan Suami, Konselor.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Apr 2020 14:20
Last Modified: 03 Apr 2020 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38845

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum