MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN DETERMINASI MATERI KLASIFIKASI AMFIBI (Kasus Penelitian Quasi Experiment pada Siswa Kelas X MA Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta 2008/2009)

ELLIA NURMAIFA - NIM. 05450035, (2010) MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN DETERMINASI MATERI KLASIFIKASI AMFIBI (Kasus Penelitian Quasi Experiment pada Siswa Kelas X MA Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta 2008/2009). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN DETERMINASI MATERI KLASIFIKASI AMFIBI (Kasus Penelitian Quasi Experiment pada Siswa Kelas X MA Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta 2008/2009))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN DETERMINASI MATERI KLASIFIKASI AMFIBI (Kasus Penelitian Quasi Experiment pada Siswa Kelas X MA Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta 2008/2009))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas penggunaan media realia hewan amfibi terhadap motivasi belajar materi klasifikasi amfibi siswa kelas X MA Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta 2008/2009. (2) mengetahui efektivitas penggunaan media realia hewan amfibi terhadap prestasi belajar kemampuan melakukan determinasi materi klasifikasi amfibi siswa kelas X MA Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta 2008/2009. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (Eksperimen semu). Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MA Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta, dan diambil sampel 2 kelas atas dasar penunjukan sekolah (guru bidang studi) yaitu kelas XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XA sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pre test dan post test, serta lembar observasi. Analisis data untuk motivasi belajar siswa selama pembelajaran baik pembelajaran dengan media realia maupun pembelajaran konvensional dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis data untuk soal tes (pre test dan post test) menggunakan uji t data berpasangan. Sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas sebaran. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPS versi 2005-BL edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi kelas eksperimen (29,6=tinggi) lebih tinggi daripada kelas kontrol (16,62=cukup). Kelas eksperimen memiliki motivasi lebih baik sebesar 30% dibanding kelas kontrol. Sedangkan prestasi belajarnya dengan menggunakan media realia lebih efektif 23,30% dalam meningkatkan prestasi belajar kemampuan melakukan determinasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sudjoko, M.S.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, media realia, motivasi, dan prestasi belajar
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 29 Aug 2012 08:31
Last Modified: 13 Dec 2016 02:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3885

Actions (login required)

View Item View Item