PENGARUH IRRASIONAL BEHAVIOR TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA INVESTOR PEMULA (STUDI PADA GALERI INVESTASI DI YOGYAKARTA)

SITI KHANIVAH, NIM. 15840048 (2020) PENGARUH IRRASIONAL BEHAVIOR TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA INVESTOR PEMULA (STUDI PADA GALERI INVESTASI DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH IRRASIONAL BEHAVIOR TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA INVESTOR PEMULA (STUDI PADA GALERI INVESTASI DI YOGYAKARTA))
15840048_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH IRRASIONAL BEHAVIOR TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA INVESTOR PEMULA (STUDI PADA GALERI INVESTASI DI YOGYAKARTA))
15840048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh irrasional behavior, terhadap pengambilan keputusan investasi investr pemula pada galeri investasi di Yogyakarta. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 180 responden. Metode penentuan sampel adalah metode convenience sampling yang pengumpulan datanya dilakukan dengan metode kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan alat uji IBM SPSS Versi 19. Adapun hasil uji hipotesis menunjukan bahwa herding behavior dengan pengambilan keputusan investasi tidak berpengaruh. Hal ini menunjukan bahwa seorang investor cenderung mengumpulkan data daripada meniru informasi orang lain. Hasil uji hipotesis yang kedua menunjukan bahwa terdapat hubungan signifikan dan positif antara overconfidence terhadap pengambilan keputusan investasi. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi seorang berperilaku overconfidence maka semakin terlalu percaya diri atas kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya. Hasil uji hipotesis yang ketiga menunjukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara emotion terhadap pengambilan keputusan investasi. Hal ini menunjukan bahwa ketika emosi dalam keadaan goodmood, maka investor akan berhati-hati dalam memilih investasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Abdul Haris, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Herding behavior, Overconfidence, Emotion, dan Pengambilan Keputusan Investasi.
Subjects: Ekonomi Islam > Akuntansi Syari'ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Apr 2020 11:05
Last Modified: 08 Apr 2020 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38871

Actions (login required)

View Item View Item