PERANAN KOPERASI PONDOK PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG DALAM MENINGKATKAN EKONOMI PESANTREN DAN MASYARAKAT SEKITAR

ROHALINA, NIM. 16810017 (2020) PERANAN KOPERASI PONDOK PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG DALAM MENINGKATKAN EKONOMI PESANTREN DAN MASYARAKAT SEKITAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERANAN KOPERASI PONDOK PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG DALAM MENINGKATKAN EKONOMI PESANTREN DAN MASYARAKAT SEKITAR)
16810017_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PERANAN KOPERASI PONDOK PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG DALAM MENINGKATKAN EKONOMI PESANTREN DAN MASYARAKAT SEKITAR)
16810017_BABII_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Koperasi sebagai salah satu institusi keuangan memiliki peluang untuk meningkatkan ekonomi, baik bagi anggota koperasi sendiri maupun masyarakat sekitar. Terutama bagi masyarakat sekitar, koperasi ditengarai mampu meningkatkan pendapatan perekonomiannya. Studi ini berupaya mendeskripsikan koperasi Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong dalam meningktakan ekonomi pesantren dan masyarakat sekitar. Secara metodologis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memanfaatkan wawancara, dokumentasi dan pengamatan sebagai teknik pengumpulan datanya. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan, pertama, koperasi Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong dalam peningkatan ekonomi pesantren dan masyarakat sekitar adalah membantu meningkatkan perekonomian pesantren. Koperasi berhasil memberikan pemasukan Rp. 6.000.000/tahun terhadap pesantren. Peranan koperasi lainnya adalah membangun kerjasama dengan masyarakat dan terdapatnya akses bisnis (berupa penitipan). Kedua, faktor-faktor yang memengaruhi peran koperasi terdapat dua faktor, yaitu faktor pendukung dan penghambat. Adapun faktor pendukung adalah terdapatnya kinerja pengurus koperasi yang baik, terdapatnya dukungan dari wali santri dan pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, dan jumlah santri yang terus meningkat. Pada tahun 2016, santri berjumlah 1.050 santri dan pada tahun 2019 berjumlah 1.595 santri. Dukungannya lainnya berupa ekonomi masyarakat terfasilitasi yang setiap bulannya rata-rata masyarakat menerima pemasukan sejumlah Rp. 1.500.000. Adapun faktor penghambatnya adalah rekrutmen pengurus koperasi yang belum terstandar, tidak adanya jalinan kerjasama dengan koperasi lain, Sarana dan prasarana kurang mewadai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ibi Satibi, S.H.I., M.SI
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Pendapatan masyarakat dan Pondok Pesantren
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 09 Apr 2020 08:55
Last Modified: 09 Apr 2020 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38881

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum