ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR PRODUK KAYU OLAHAN INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT

MIFTAHUL JANNAH, NIM. 16810035 (2020) ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR PRODUK KAYU OLAHAN INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR PRODUK KAYU OLAHAN INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT)
16810035_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR PRODUK KAYU OLAHAN INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT)
16810035_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Kegiatan perdagangan internasional adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk merangsang pertumbuhan ekonomi suatu negara. Perdagangan internasional dapat membantu suatu negara dalam menjalankan pertumbuhan ekonomi melalui sektor-sektor yang mengandung keunggulan komparatif. Indonesia memiliki potensi alam yang sangat besar dalam ekspor kayu olahan karena ketersediaan sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang memiliki hutan tropis. Pada penelitian ini, permasalahan yang dikemukakan adalah bagaimana daya saing ekspor kayu olahan Indonesia ke Amerika Serikat, apakah nilai harga kayu olahan internasional, volume ekspor, PDB, dan nilai tukar rupiah terhadap dollar berpengaruh terhadap nilai ekspor kayu olahan Indonesia ke Amerika Serikat. Adapun periode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahun 2010Q1 hingga 2018Q4. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Revealed Comparative Advantadge (RCA), dan Partial Adjustment Model (PAM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis RCA, rata-rata tingkat daya saing ekspor kayu olahan Indonesia adalah 3.66 yang berarti ekspor kayu olahan Indonesia memiliki daya saing yang tinggi ke Amerika Serikat. Terkait dengan sumber daya alam yang melimpah ekspor kayu olahan Indonesia memiliki faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor kayu olahan tersebut. Dalam model jangka panjang bahwa 99.3% variabel dependen nilai ekspor dapat dijelaskan oleh variabel independen kurs, harga internasional, PDB, dan volume ekspor. Sedangkan sisanya 0.7% dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Sedangkan dalam model jangka pendek sebesar 99.5% variabel dependen dijelaskan oleh variabel independen dan sisanya 0.5% dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lailatis Syarifah, LC. MA
Uncontrolled Keywords: kurs, PDB, volume ekspor, dan harga internasional kayu.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 09 Apr 2020 09:14
Last Modified: 09 Apr 2020 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum