MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA KELAS II SD 3 BANTUL

HERAWATI SHOLEKHAH - N I M. 02431376, (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA KELAS II SD 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA KELAS II SD 3 BANTUL)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA KELAS II SD 3 BANTUL)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan PMRI dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dengan menggunakan PMRI. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas II SD 3 Bantul. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, jurnal harian dan bahan ajar. Bahan ajar meliputi Buku Guru, Buku Siswa, Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dan lembar evaluasi siswa sebagai refleksi kepahaman siswa. Hasil belajar matematika siswa dikatakan meningkat apabila telah mencapai lebih dari 75%. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus 6 pertemuan. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa (a) PMRI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71.96 dan pada siklus II adalah 81.83, sehingga selisihnya adalah 9.87. banyaknya siswa yang meningkat hasil belajarnya dari siklus I ke siklus II adalah 20 siswa atau 80%. Banyaknya siswa yang tuntas belajar pada siklus I adalah 25 siswa dari 28 siswa atau 89.29%, sedangkan pada siklus II adalah 26 siswa dari 29 siswa atau 89.65%. (b) kendala-kendala yang dihadapi dengan menggunakan PMRI adalah penggunaan (1) konteks nyata sebagai starting point, beberapa siswa belum dapat mengukur ubin, (2) penggunaan model-model yang didemonstrasikan oleh siswa baik individu maupun kelompok, terdapat beberapa siswa yang belum dapat membedakan antara bangun persegi dan bangun belah ketupat (3) terdapatnya produksi dan konstruksi siswa yang berupa ide secara lisan maupun tulisan, beberapa siswa masih malu mengungkapkan ide secara lisan, (4) interaksi berupa komunikasi antara siswa dengan peneliti dan antarsiswa, interaksi antarsiswa sering menimbulkan kegaduhan yang mengganggu proses belajar mengajar, (5) keterkaitan antara materi dengan pokok bahasan lain dalam matematika hanya materi pengukuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Edi Prajitno, M. Pd Dra. Endang Sulistyowati
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, PMRI, matematika
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2012 10:38
Last Modified: 28 Apr 2016 02:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3891

Actions (login required)

View Item View Item