IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 GODEAN

NURYADI - NIM. 05430040, (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 GODEAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 GODEAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 GODEAN)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran matematika Kelas VIII B SMP N 2 Godean Sleman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi siswa dan guru agar termotivasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII B SMP N 2 Godean Sleman tahun ajaran 2008/2009. Jumlah siswa 36 orang. Penelitian Tindakan Kelas terlaksana dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan, siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi guru dan siswa, dan akivitas dan kreativitas siswa dengan data pembanding yaitu hasil angket guru dan siswa, hasil wawancara guru dan siswa, catatan lapangan, hasil LKS, hasil evaluasi, dan rekaman peristiwa (elektronik). Pelaksanaan metode adalah guru dan peneliti berperan sebagai kolaborator. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar angket guru dan siswa, lembar observasi guru dan siswa, catatan lapangan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu tahap reduksi data, trianggulasi, dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan model creative problem solving ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar matematika sebesar 3,36% dalam pembelajaran matematika pada kelas VIIIB SMP N 2 Godean Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan proses pelaksanaan pembelajaran dengan model creative problem solving terus meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 10,75 % pada lembar observasi dan 7,33 % pada angket siswa. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu hasil akhir rata-rata kelas mencapai 71.59 %

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Ichsan, M.Pd., Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Creative Problem Solving, Alat peraga, dan Prestasi Belajar
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 29 Aug 2012 22:00
Last Modified: 14 Dec 2016 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum