PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGACU KKNI DAN SN-DIKTI DI PTKI (Studi Kasus di UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Ahmad Dah

DINI FAUZIYATI, NIM. (17204010156) (2020) PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGACU KKNI DAN SN-DIKTI DI PTKI (Studi Kasus di UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Ahmad Dah. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGACU KKNI DAN SN-DIKTI DI PTKI (Studi Kasus di UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Ahmad Dah)
17204010156_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGACU KKNI DAN SN-DIKTI DI PTKI (Studi Kasus di UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Ahmad Dah)
17204010156_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Dini Fauziyati, NIM. 17204010156. Pengembangan Kurikulum Program Magister Pendidikan Agama Islam Mengacu KKNI dan SN-Dikti di PTKI (Studi Kasus di UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Ahmad Dahlan), Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan memotret pengembangan kurikulum di Program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Ahmad Dahlan. Sebab, pengembangan kurikulum memiliki korelasi terhadap efektivitas rencana hingga evaluasi. Tepatnya, menelusuri pengembangan kurikulum pada aspek perencanaan, implementasi dan evaluasi kurikulum dengan menggunakan teori Hilda Taba. Penelitian kualitatif ini, menggunakan analisis data model Miles and Huberman (1984) yang peneliti lakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Pengembangan kurikulum harus dikawal untuk sebuah langkah maju menuju research university. Salah satu upaya membangun research university yaitu dengan terus memperbaiki mata kuliah dan bobot sks. Pada tingkat strata dua, mengacu pada aturan yang ditetapkan oleh SNPT (Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 tentang SNPT) pada pasal 16 sks, beban belajar mahasiswa paling sedikit 36 (tiga puluh enam) sks. Sehingga research university akan terbangun apabila mata kuliah sesuai dengan aturan tersebut. Dalam artian, semakin sks sedikit, semakin lebih baik karena mahasiswa fokus pada research tidak terbebani dengan tugas-tugas matakuliah. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan yang menunjukkan: Pertama, Perencanaan kurikulum Program Magister Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Kalijaga dilakukan secara detail. Salah satu keunikan implementasi kurikulum terdapat mata kuliah Uji Kompetensi (Field Study). Mata kuliah tersebut adalah mata kuliah dimana mahasiswa praktek mengajar diterjukan di universitas. Ketiga, evaluasi kurikulum berupa peninjauan yaitu mencermati kurikulum yang digunakan terhadap kebutuhan lulusan. Sedangkan pengembangan kurikulum di Program Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan: Pertama, Perencanaan kurikulum dilakukan secara kooperatif dan kontekstual. Kedua, implementasi kurikulum dilakukan sesuai RPS yang disusun ix dosen terkait melalui pertimbangan-pertimbangan kebermaknaan dan kegembiraan akademik. Artinya, bermakna dan gembira disini adalah pada akhir perkuliahan mahasiswa gembira telah menyusun artikel yang terbit di jurnal sebagai syarat mendapatkan nilai setiap mata kuliah. Ketiga evaluasi kurikulum yang dilakukan untuk peningkatan dan perubahan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Program Magister Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Apr 2020 10:23
Last Modified: 16 Apr 2020 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38945

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum