PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X MA LFT UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

NUHEDOH - NIM. 05450010, (2010) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X MA LFT UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X MA LFT UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X MA LFT UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan kelas X MA LFT UIN Sunan kalijaga Yogyakarta dan berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan partisipasi dan kemampuan kognitif siswa serta mengetahui peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Penelitian dilakukan di kelas X MA LFT Sunan Kalijaga Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 pada materi pokok ekosistem. Desain penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mempunyai tahapan perencanaan (Planing), tindakan (Acting), observasi (observation), dan refleksi (reflektion). Data yang dikumpulkan berupa data partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan kemampuan koqnitif siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme serta data keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Data partisipasi dan data keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme diperoleh melalui hasil observasi, data kemampuan kognitif dengan nilai hasil pre test dan post test siswa. Hasil observasi partisipasi dianalisis dengan analisis deskriptif teknik presentase, kemampuan kognitif siswa dianalisis dengan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dan kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan partisipasi dapat dilihat dari masing-masing aspek partisipasi yang meliputi aspek memberikan ide atau pendapat, menerima pendapat orang lain, melaksanakan tugas yang diberikan oleh kelompok, kerjasama dalam kelompok, dan aspek yang terakhir adalah kepedulian terhadap kesulitan sesama kelompok. Peningkatan kemampuan kognitif siswa ditunjukkan dengan adanya niat effect size sebesar 15,2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sudjoko MS
Uncontrolled Keywords: Konstruktivisme. Parisipasi, Kognitif
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2012 10:57
Last Modified: 01 Mar 2016 04:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3896

Actions (login required)

View Item View Item