IMPLEMETASI PENDEKATAN INTEGRATED SYSTEM DALAM PENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MA NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI-TEGAL

Akhmad Aufa Syukron, NIM. 17204011085 (2019) IMPLEMETASI PENDEKATAN INTEGRATED SYSTEM DALAM PENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MA NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI-TEGAL. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMETASI PENDEKATAN INTEGRATED SYSTEM DALAM PENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MA NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI-TEGAL)
11120090_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMETASI PENDEKATAN INTEGRATED SYSTEM DALAM PENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MA NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI-TEGAL)
11120090_BAB-II_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendekatan Integrated System, dan sejauh mana kontribusi Pendekatan Integrated System terhadap minat belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dan jenis penelitian yang diguanakan adalah penelitian tindakan kelas, yang biasa disingkat dengan PTK (Classroom Action Research), subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA NU Miftahul Ulum Margasari. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Pendekatan Integrated System adalah sistem atau susunan yang digabungkan menjadi satu kesatuan yang utuh tidak terpisah-pisahkan dan pembelajaran bahasa Arab berhubungan erat dengan yang lainnya bukan dibagi atas beberapa bagian, dasar pendekatan ini adalah psikologis dan pedagogis. Pendekatan ini berasumsi pengajaran Bahasa harus dimulai dengan mengajarkan kemahiran menyimak atau mendengarkan bunyi bahasa dalam kata atau kalimat, dan melatih pengucapannnya sebelum pelajaran membaca dan menulis dilakukan. Berdasarkan hasil observasi minat siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya pada kriteria, apersepsi guru, aktif bertanya, mencatat pelajaran, menerima dan menyampaikan pendapat, keterlibatan diskusi kelompok, memperhatikan dan mengerjakan tugas. Dan mengalami keajegan pada kriteria antusias menjawab salam ketika pelajaran baru dimulai, dan kerjasama kelompok diskusi. Berdasarkan Angket Minat Siswa, dari skor rata-rata kriteria positif dan negatif 33 item (25 item positif dan 8 item negatif) yang telah diperoleh, maka skor rata-rata gabungannya adalah (kriteria positif+kriteria negatif) = (22,82+2,79 = 25,61). 25,61 adalah rata-rata gabungan dari kriteria positif dan negatif, jika diprosentasikan menjadi 77,6%, maka minat belajar bahasa Arab siswa kelas IX Kuat (Berminat) sebanyak 77,6%. Berdasarkan hasil tes, dari siklus I, II dan III nilai mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas XI IPA dan IPS di atas rata-rata KKM, menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata 75,7 di atas nilai KKM 67.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Integrated System, Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Apr 2020 09:14
Last Modified: 17 Apr 2020 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38973

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum