PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM PENGAJARAN DIAGNOSIS PRESKRIPTIF (PDP) POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

NUR LAILY FITRIANA - NIM. 04461115, (2010) PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM PENGAJARAN DIAGNOSIS PRESKRIPTIF (PDP) POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM PENGAJARAN DIAGNOSIS PRESKRIPTIF (PDP) POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM PENGAJARAN DIAGNOSIS PRESKRIPTIF (PDP) POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penggunaan pembelajaran fisika dengan pengajaran diagnosis-preskriptif meliputi: pelaksanaan pembelajaran, apakah siswa SMP trisula Muntilan mengalami kesulitan belajar, persentase kesulitan belajar yang dialami baik dari faktor intern maupun ekstern, hambatan dan kesulitan belajar yang dialami oleh siswa baik dari faktor intern ataupun ekstern dan bagaimana guru harus membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. (2) Mengetahui apakah pengajaran diagnosis-preskriptif bisa diterapkan di sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control grup, dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan mengambil setting SMP trisula Muntilan. Pengumpulan data dilakukan dengan Tes prestasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran dengan sistem Pengajaran diagnosis preskriptif dapat diterapkan di SMP Trisula Muntilan dengan cara memberikan tes prestasi dan terapi kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar, dari penelitian diketahui bahwa siswa SMP Trisula Muntilan mengalami kesulitan belajar. Dengan persentase faktor ekstern sebesar 52,100% dan faktor intern sebesar 47,80%. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan sistem pengajaran diagnosis preskriptif (PDP) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, ini dapat dilihat dari hasil tes prestasi I dan tes prestasi II. Tes prestasi I menunjukkan bahwa harga Ftab Fhit adalah 2,89 4,21 dan ini menunjukkan bahwa hasilnya tidak signifikan. Dan setelah diberikan terapi (treatment) hasil tes prestasi II menunjukkan bahwa harga Ftab Fhit adalah 7,04 4,21ini menunjukkan bahwa hasil tes prestasi II, sudah signifikan. Dan ini menunjukkan bahwa treatmen yang diberikan berhasil dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dan untuk Uji t menunjukkan bahwa t tab t hit adalah s4,20 5,57 ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi pengajaran diagnosis preskriptif dan yang tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Murtono, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pengajaran diagnosis preskriptif, kesulitan belajar siswa, prestasi belajar
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2012 08:33
Last Modified: 01 Feb 2016 06:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3899

Actions (login required)

View Item View Item