UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF C3 MELALUI METODE PROBLEM SOLVING MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIIIA DI MTsN PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

SRI HIDAYATI NIM : 04451091, (2010) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF C3 MELALUI METODE PROBLEM SOLVING MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIIIA DI MTsN PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif C3 siswa pada proses pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia siswa kelas VIIIA MTsN Prambanan Sleman dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan metode pembelajaran problem solving pada tiap siklusnya. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTsN Prambanan Sleman tahun ajaran 2008/2009. Data yang dikumpulkan berupa data observasi aktivitas siswa dan data hasil belajar kognitif siswa. Peningkatan hasil belajar belajar kognitif C3 siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rata-rata post-test siklus II dengan nilai rata-rata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem solving dapat dilaksanakan pada pembelajaran biologi materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia. Penelitian ini dapat dilaksanakan dengan 2 siklus pembelajaran dengan perbaikan pada siklus II. Metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif C3 siswa kelas VIIIA di MTsN Prambanan Sleman. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari masingmasing aspek aktivitas yang meliputi aktivitas dalam tahapan pembelajaran problem solving terdiri dari mengidentifikasi masalah mengalami peningkatan sebesar 17%, merumuskan hipotesis sebesar 28%, mengumpulkan keterangan yang relevan sebesar 26%, menguji hipotesis sebesar 28%, membuat kesimpulan sebesar 20%. Aktivitas saat diskusi pada aspek mengajukan pertanyaan mengalami peningkatan sebesar 36%, menjawab pertanyaan sebesar 28%, menyampaikan pendapat sebesar 27%, menanggapi pendapat sebesar 35%, dan membuat kesimpulan sebesar 28%. Peningkatan hasil belajar kognitif C3 siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 0,67.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sudjoko M.S
Uncontrolled Keywords: Problem solving, aktivitas, hasil belajar, kognitif , MTsN Prambanan
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item