تطوير مادة تدريس اللغة العربية لترقية مهارة القراءة للطلاب الجدد بمعهد منهاج التمييز الإسلامي تيموهو يوكياكرتا فى السنة الدراسية

أحمد مفتاح النعم, NIM. 17204010038 (2019) تطوير مادة تدريس اللغة العربية لترقية مهارة القراءة للطلاب الجدد بمعهد منهاج التمييز الإسلامي تيموهو يوكياكرتا فى السنة الدراسية. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (تطوير مادة تدريس اللغة العربية لترقية مهارة القراءة للطلاب الجدد بمعهد منهاج التمييز الإسلامي تيموهو يوكياكرتا فى السنة الدراسية)
17204010038_HALAMAN DEPAN_BAB I_BAB V_Ahmad Miftahun Ni’am.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (تطوير مادة تدريس اللغة العربية لترقية مهارة القراءة للطلاب الجدد بمعهد منهاج التمييز الإسلامي تيموهو يوكياكرتا فى السنة الدراسية)
17204010038_BAB II_BAB III_BAB IV_Ahmad Miftahun Ni’am.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Arab yang sesuai dengan kebutuhan santri baru pondok pesantren Minhajut Tamyiz Timoho Yogyakarta. Maka penelitian ini bertujuan untuk membuat produk berupa buku pembelajaran bahasa Arab sekaligus menguji kelayakannya. Rumusan masalah ini terbagi menjadi 3 poin pertanyaan yaitu : (1) Bagaimana prosedur pengembangan bahan ajar bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan membaca bagi santri baru pondok pesantren Timoho Minhajut Tamyiz Yogyakarta?, (2) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap produk bahan ajar bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan membaca bagi santri baru pondok pesantren Timoho Minhajut Tamyiz Yogyakarta?, (3) Bagaimana hasil respon santri baru terhadap produk bahan ajar bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan membaca? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R & D) dengan model pengembangan Borg & Gall, yaitu : menemukan potensi dan masalah serta pengumpulan (observasi, wawancara, dokumentasi, penyebaran angket dan juga review bahan ajar), penyusunan bahan ajar, validasi dari ahli pembelajaran bahasa Arab, revisi produk awal, uji coba produk di kelas kecil, revisi kedua, uji coba produk di kelas besar, revisi terakhir, dan produk ahir. Produk akhir dari pengembangan ini adalah buku ajar yang berjudul Madkholul Arobiyyati yang materi intinya berisi dari teks, kosa kata, qowaid dan juga latihan latihan. Hasil validasi desain terhadap buku ini pada komponen isi materi mendapatkan skor 3,00 dengan kategori “cukup” dan pada komponen penyajian materi mendapatkan skor 3,00 dengan kategori “cukup” dan pada komponen kualitas materi mendapatkan skor 3,00 dengan kategori “cukup”. Respon santri baru pondok pesantren Minhajut Tamyiz terhadap buku ini ketika kelas kecil adalah “baik” dengan skor 3,78. Adapun respon santri baru pada kelas besar juga berkategori “baik” dengan skor 3,99. Dengan demikian hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa buku bahan ajar layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhajir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan Pengembangan (R & D), Bahan Ajar, Keterampilan Membaca
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Apr 2020 11:51
Last Modified: 21 Apr 2020 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39005

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum