PRAKTIK HIPNOTERAPI BAGI PENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK HINDUN ANNISA KRAPYAK YOGYAKARTA

RONAA NISA’US SHOLIKHAH, NIM. 16530059 (2020) PRAKTIK HIPNOTERAPI BAGI PENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK HINDUN ANNISA KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK HIPNOTERAPI BAGI PENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK HINDUN ANNISA KRAPYAK YOGYAKARTA)
16530059_BAB-1_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK HIPNOTERAPI BAGI PENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK HINDUN ANNISA KRAPYAK YOGYAKARTA)
16530059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena praktik hipnoterapi masih asing di masyarakat. Beberapa ada yang melakukan untuk program motivasi seperti yang dilakukan oleh sekolah NLP. Hipnoterapi juga digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa di beberapa sekolah. Ditengah keterasingan praktik hipnoterapi, pondok Hindun Annisa mengundang terapis untuk melakukan praktik hipnoterapi Alquran di Pondoknya. Tujuan diadakan program tersebut untuk meningkatkan daya hafal para santri dan agar santri senantiasa diberikan kesehatan. Beberapa hal yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana praktik hipnoterapi Alquran dan bagaimana pengaruh hipnoterapi terhadap hafalan Alquran para santri Pondok Hindun Annisa Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran sekuensial eksploratori yang bersifat deskriptif-analisis dan menggunakan pendekatan psikologi. Pada tahap deskriptif akan dijelaskan bagaiman praktik hipnoterapi Alquran, kemudian pada tahap analisis digunakan teori NLP yang xix dipelopori oleh Richard Bandler dan John Thomas Grinder. Wawancara dengan para narasumber dan melihat langsung praktik hipnoterapi Alquran merupakan data primer, sedangkan buku-buku, artikel, jurnal dan sebagainya merupakan data sekunder yang digunakan. Untuk mengumpulkan data-data tersebut, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa hipnoterapi Alquran di Pondok Hindun Annisa Krapyak Yogyakarta terapis telah menerapkan 4 pilar dalam Neuro-Linguistic Programming (NLP) yang merupakan keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki oleh konselor, antara lain; pengarah pembentuk outcome, membentuk rapport yang selaras, menggunakan sensory acuity (ketajaman panca indera), dan bersikap fleksibel dalam berkomunikasi. Ada 3 tahap penting dalam NLP, antara lain: External Event, Internal Representation, dan Behavior. Tujuan hipnoterapi Alquran yaitu menjadikan santri memiliki kepribadian yang baik dalam kesehariannya. Salah satu tujuan santri yaitu ingin fokus dalam menghafal dan selalu semangat xx dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Persentase santri yang merespon bahwa hipnoterapi tidak merubah perkembangan hafalannya berkisar 84,84%. Sedangkan, 15,15% lainnya merespon sangat terbantu dengan adanya program hipnoterapi tersebut. Persentase tersebut dilihat dari antusiasme santri pada program hipnoterapi. Kunci keberhasilan hipnoterapi yaitu adanya kepercayaan antara terapis dengan klien. Kepercayaan tersebut dapat dilihat dari antusiasnya para santri pada program tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aida Hidayah. S. Th.I, M.
Uncontrolled Keywords: HIPNOTERAPI, PENGHAFAL AL-QUR’AN, PONDOK HINDUN ANNISA KRAPYAK
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Apr 2020 09:56
Last Modified: 22 Apr 2020 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39012

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum