PENGEMBANGAN STRATEGI COOPERATIVELEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM DENGAN MENGGUNAKAN ṬARĪQAH MUBĀSYARAH DI KELAS X MA ISLAMIC CENTER BIN BAZ TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Muhammad Syafii Tampubolon, NIM. 17204010043 (2019) PENGEMBANGAN STRATEGI COOPERATIVELEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM DENGAN MENGGUNAKAN ṬARĪQAH MUBĀSYARAH DI KELAS X MA ISLAMIC CENTER BIN BAZ TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN STRATEGI COOPERATIVELEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM DENGAN MENGGUNAKAN ṬARĪQAH MUBĀSYARAH DI KELAS X MA ISLAMIC CENTER BIN BAZ TAHUN PELAJARAN 2018/2019)
17204010043 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN STRATEGI COOPERATIVELEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM DENGAN MENGGUNAKAN ṬARĪQAH MUBĀSYARAH DI KELAS X MA ISLAMIC CENTER BIN BAZ TAHUN PELAJARAN 2018/2019)
17204010043 BAB II, III, IV .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga tujuan:Pertama, Mengetahui pengembangan strategi CooperativeLearning dalam pembelajaran Mahārah Kalām dengan menggunakan Ṭarīqah Mubāsyarah di Kelas X MA Islamic Center Bin Baz tahun pelajaran 2018/2019.Kedua,Mengetahui pelaksanaan strategi CooperativeLearning dalam pembelajaran Mahārah Kalām dengan menggunakan Ṭarīqah Mubāsyarahdi Kelas X MA Islamic Center Bin Baz tahun pelajaran 2018/2019. Ketiga,Mengetahui evaluasi strategi CooperativeLearning dalam pembelajaran MahārahKalām dengan menggunakan Ṭarīqah Mubāsyarah di Kelas X MA Islamic Center Bin Baz Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif.Karena pada penelitian ini terdiri suatu gambaran kompleks, laporan terinci dari pandangan responden dan melakukan studi pada situasi yang alami. Penelitian ini merupakan rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu permasalahan. Hasil penelitian tidak dimaksudkan sebagai pemecahan langsung dari permasalahan yang dihadapi, karena penelitian merupakan bagian dari usaha pemecahan masalah. Dengan mengacu pada pendapat Saifuddin Azwar, bahwafungsi penelitian adalah mencarikan penjelasan dan jawaban terhadap permasalahan serta memberikan alternatif bagi kemungkinan yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama,pengembangan strategi CooperativeLearningdalam pembelajaran Mahārah Kalāmdengan menggunakanṬarīqah Mubāsyarah mulai diterapkan di pondok pesantren Islamic Center Bin Baz sejak tahun 2015, ketika itu program ini masih dikhususkan di Program Takhoṣṣuṣ (program satu tahun pra Aliyah), namun setelah satu tahun berjalan, program ini diinclude menjadi kelas X Aliyah, kemudian setelah dua tahun kelas X Aliyah ditempatkan di lokasi yang berbeda dengan kelas XI dan XII dengan tujuan untuk membentuk lingkungan bahasa yang lebih kondusif.Kedua, pelaksanaan strategi CooperativeLearningdalam pembelajaran Mahārah Kalāmdengan menggunakanṬarīqah Mubāsyarahdi kelas X MA Islamic Center Bin Baz dengan mengikuti langkah-langkah yang telah tercantum dalam buku mu’allim dan RPP yang memuat langkah-langkah kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir.Setelah belajar teori di kelas, para santri diwajibkan berkomunikasi bahasa arab di manapun dan kapanpun di lingkungan pondok pesantren Islamic Center Bin Baz. Ketiga, evaluasi strategi CooperativeLearningdalam pembelajaran Mahārah Kalāmdengan menggunakanṬarīqah Mubāsyarahdi kelas X MA Islamic Center Bin Baz menggunakan beberapa tes, yaitu: mendeskripsikan gambar, berbicara bebas, bercerita, diskusi, wawancara, berpidato.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhajir, M.SI
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Cooperative Learning, Mahārah Kalām, Ṭarīqah Mubāsyarah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Apr 2020 10:31
Last Modified: 22 Apr 2020 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39013

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum