STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI KEGIATAN BI’AH LUGHAWIYYAH SEBAGAI PENINGKATAN MAHARAH ALKALAM SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH GORONTALO

Moh. Sultan Dama, Nim. 17204010094 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI KEGIATAN BI’AH LUGHAWIYYAH SEBAGAI PENINGKATAN MAHARAH ALKALAM SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH GORONTALO. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI KEGIATAN BI’AH LUGHAWIYYAH SEBAGAI PENINGKATAN MAHARAH ALKALAM SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH GORONTALO)
17204010094_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI KEGIATAN BI’AH LUGHAWIYYAH SEBAGAI PENINGKATAN MAHARAH ALKALAM SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH GORONTALO)
17204010094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah madrasah aliyah Al-Falah Gorontalo, guru bahasa Arab, dan Kepala Madrasah, serta siswa. Hasil penelitian yang ditemukan dilapangan dengan beberapa permasalahan yaitu: sebagian siswa hanya tamatan SMP, penggunaan bahasa resmi cukup standar, siswa sering menggunakan bahasa daerah, kurangnya bukubuku literatur bahasa Arab, pengaruh dampak teman sebaya yang sering menggunakan bahasa daerah, kurangnya kesadaran diri siswa dalam mempraktikkan bahasa Arab. Tujuan dan kegunaan hasil penelitian terhadap permasalahan di atas yaitu: agar strategi PBA melalui bi’ah lughawiyyah sebagai peningkatan maharah al- Kalam mendapatkan perhatian khusus oleh guru bahasa Arab, siswa serta kepala Madrasah, khususnya maharah al-Kalam.karena jika dilihat dari permasalahan di atas, bahwa paraktik bahasa Arab siswa cukup standar, siswa hanya tamatan SMP bukan MTS, pengaruh teman sebaya yang menggunakan bahasa daerah, dan kurangnya buku-buku literature bahasa Arab, serta kurangnya kesadaran diri siswa dalam mempraktikkan bahasa Arab. semua itu sangat dibutuhkannya perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang lebih komprehensif serta kesadaran diri siswa. Kegunaan strategi PBA melalui bi’ah lughawiyyah sebagai Peningkatan maharah al-Kalam yaitu: dapat meningkatan kembali strategi PBA melalui kegiatan bi’ah lughawiyyah khususnya, dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa (maharah al-Kalam) baik di lingkungan madrasah maupun di lingkungan masyarakat. Metode strategi pembelajaran bahasa arab melalui kegiatan bi’ah lughawiyyah sebagai peningkatan maharah al-kalam yaitu metode ceramah dan kooperatif (berkelompok), memberikan bimbingan di luar pelajaran ekstrakulikuler, berupa nahwu, sorf, dan insya, serta Imla’. Hasil penelitian strategi PBA melalui kegiatan bi’ah lughawiyyah sebagai peningkatan maharah al-Kalam yaitu: agar siswa terampil dan mahir dalam berkomunikasi bahasa Arab (maharah al-Kalam) dengan penutur asli Arab. Dan mampu meningkatkan dan memapraktikkan kemampuan maharah al-Kalam serta mengevaluasi hasil belajar siswa baik itu berupa kognitif, kreatifitas, dan aktifproduktif dalam proses pembelajaran bahasa Arab (maharah al-Kalam).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pendidikan bahasa arab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Apr 2020 09:26
Last Modified: 23 Apr 2020 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum