KURIKULUM BAHASA ARAB TINGKAT MENENGAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA (ANALISIS TUJUAN, SCOPE DAN SEQUENCE BERDASARKAN CEFR )

Nurul Khasanah, NIM. 17204010120 (2019) KURIKULUM BAHASA ARAB TINGKAT MENENGAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA (ANALISIS TUJUAN, SCOPE DAN SEQUENCE BERDASARKAN CEFR ). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM BAHASA ARAB TINGKAT MENENGAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA (ANALISIS TUJUAN, SCOPE DAN SEQUENCE BERDASARKAN CEFR ))
17204010120_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM BAHASA ARAB TINGKAT MENENGAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA (ANALISIS TUJUAN, SCOPE DAN SEQUENCE BERDASARKAN CEFR ))
17204010120_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh yang cukup besar dari kurikulum khususnya kurikulum bahasa dalam pembelajaran sehingga kurikulum harus dikembangkan dengan sedemikian rupa untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Beberapa penelitian tentang kurikulum masih terbatas dalam wilayah Indonesia belum mencakup ranah internasional dengan mengacu pada standar internasional pembelajaran bahasa Asing yang telah disepakati. Penelitian ini berfokus pada empat aspek yaitu 1) tujuan 2) scope dan 3) sequence yang merupakan komponen penting dalam organisasi kurikulum serta kelebihan dan kekurangan masing-masing kurikulum dengan standar CEFR (Common European Framework of Reference for Language). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dan Malaysia ditinjau dari tujuan, scope dan sequence. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dengan metode deskriptif analisis. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa 1) tujuan pembelajaran bahasa Arab tingkat menengah di Indonesia dan Malaysia belum mencapai pada tahap interaksi dan berkomunikasi (spoken interaction). Kurangnya perhatian pengembang kurikulum terhadap tujuan utama dari pembelajaran bahasa Arab ini berdampak pada output peserta didik yang belum mampu bertukar informasi dan berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa sasaran 2) Ruang lingkup materi pelajaran bahasa Arab di Indonesia, beberapa tema yang disajikan sudah sesuai dengan level B1 dan B2 namun terdapat beberapa pengulangan tema yang terjadi dan perlu dikembangkan tema-tema terkini yang lebih variatif. Sedangkan tema pada KSSM sebagian besar sudah sesuai dengan tema pada level B1 dan B2 serta tidak terjadi pengulangan tema pada tingkat setelahnya. 3) Kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dan Malaysia masing-masing menggunakan jenis sequence spiral yaitu bahan ajar/materi dipusatkan pada tema-tema tertentu, peran pengembang materi sangat penting dalam jenis sequence ini untuk menentukan kedalaman dan keluasan tema. Sequence pada kurikulum di Malaysia sangat terlihat pada pembatasan jumlah kata atau kalimat yang harus dicapai oleh peserta didik yang semakin meningkat pada setiap tingkatan. 4) Adapun kelebihan dan kekurangan masing-masing kurikulum diantaranya keduanya mendorong empat kemahiran berbahasa namun kurang memperhatikan tujuan spoken interaction, serta perlunya pemilihan tema yang lebih variatif dan aplikatif dan memperhatikan jenis kegiatan dalam sequence.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Indonesia dan Malaysia, Scope dan Sequence, CEFR
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Apr 2020 11:39
Last Modified: 23 Apr 2020 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39037

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum