PEMBELAJARAN DENGAN METODE AN-NAṢR DAN PENGARUH TERHADAP KEMAMPUAN MENERJEMAHKAN DAN MEMAHAMI TEKS AL-QUR`AN DAN HADIṠ SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 3 BANYUMAS

Latifatul Azizah, NIM. 17204010130 (2019) PEMBELAJARAN DENGAN METODE AN-NAṢR DAN PENGARUH TERHADAP KEMAMPUAN MENERJEMAHKAN DAN MEMAHAMI TEKS AL-QUR`AN DAN HADIṠ SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 3 BANYUMAS. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN DENGAN METODE AN-NAṢR DAN PENGARUH TERHADAP KEMAMPUAN MENERJEMAHKAN DAN MEMAHAMI TEKS AL-QUR`AN DAN HADIṠ SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 3 BANYUMAS)
17204010130_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN DENGAN METODE AN-NAṢR DAN PENGARUH TERHADAP KEMAMPUAN MENERJEMAHKAN DAN MEMAHAMI TEKS AL-QUR`AN DAN HADIṠ SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 3 BANYUMAS)
17204010130_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran al-Qur’an Hadiṡ di Madrasah dalam pelaksanaannya masih menunjukkan adanya beberapa permasalahan, khususnya dalam menerjemahkan dan memahami teks al-Qur’an Hadiṡ. Metode yang selama ini digunakan lebih menitikberatkan pada metode ceramah, sehingga tujuan yang dicapai belum tepat sasaran. Dampak dari pembelajaran ini siswa masih merasa kesulitan dalam menerjemah dan memahami ayat al-Qur’an atau Hadiṡ, sehingga berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. Berangkat dari permasalahan inilah, perlu diterapkan metode alternatif yaitu metode An-Naṣr yang didesain khusus untuk kemampuan menerjemahkan dan memahami teks al-Qur’an Hadis. Penerapan metode An-Naṣr berimplikasi pada kemampuan menerjemah dan memahami teks al-Qur’an Hadiṡ karena sesuai teori pembelajaran kognitif khususnya teori pengolahan informasi, pola pengulangan yang dilaksanakan dalam metode sejalan dengan teori pengolahan informasi yaitu tahap encoding, penyimpanan informasi dan pengambilan kembali informasi. Berdasarkan permasalahan di atas tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui penerapan metode An-Naṣr dalam pembelajaran Al-Qur`an Hadiṡ serta mengetahui perbedaan dan pengaruh kemampuan menerjemah dan memahami teks al-Qur`an dan Hadiṡ antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian diambil dengan menggunakan eksperimen, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode An-Naṣr yang dapat berpengaruh terhadap kemampuan menerjemah dan memahami teks al- Qur’an Hadiṡ adalah dengan menerapkan sesuai prosedur, pergantian pola dalam menerjemahkan, penggunaan modul, serta keaktifan siswa dalam melaksanakan metode secara urut dan sistematis. (2) Terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas kontrol (69,31) dan kelas eksperimen (89,17) dalam kemampuan menerjemah dan memahami teks Qur’an Hadiṡ (3) pengaruh pada kemampuan menerjemahkan teks al-Qur’an Hadiṡ pada kelas eksperimen memberikan sumbangan sebesar 57,2 %(4) pengaruh pada kemampuan memahami teks al- Qur’an Hadiṡ pada kelas eksperimen memberikan sumbangan sebesar 42 %

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Usman, S.S, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Metode An-Naṣr, Menerjemah, Memahami, Teks, Al-Qur’an Hadiṡ
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Apr 2020 12:58
Last Modified: 23 Apr 2020 12:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39043

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum