PRAKTIK PEMBACAAN DOA QUNUT PADA SALAT LIMA WAKTU DI MUSHALLA AL-HUDA SALAM, KEC. SALAM, KAB. MAGELANG, JAWA TENGAH (Studi Living Hadis)

SATRIA BANUREA, NIM. 15551006 (2020) PRAKTIK PEMBACAAN DOA QUNUT PADA SALAT LIMA WAKTU DI MUSHALLA AL-HUDA SALAM, KEC. SALAM, KAB. MAGELANG, JAWA TENGAH (Studi Living Hadis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK PEMBACAAN DOA QUNUT PADA SALAT LIMA WAKTU DI MUSHALLA AL-HUDA SALAM, KEC. SALAM, KAB. MAGELANG, JAWA TENGAH (Studi Living Hadis))
15551006_SEBELUM_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK PEMBACAAN DOA QUNUT PADA SALAT LIMA WAKTU DI MUSHALLA AL-HUDA SALAM, KEC. SALAM, KAB. MAGELANG, JAWA TENGAH (Studi Living Hadis))
15551006_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembacaan doa qunu>t ra>tibah atau yang sering disebut dengan qunu>t Subuh ini menimbulkan pro dan kontra di antara para ulama dalam pelaksanaannya. Tradisi pembacaan doa qunu>t pada salat Subuh, merupakan tradisi yang sampai saat ini masih menjadi obyek atas kasus pemahaman yang berbeda, di kalangan masyarakat Indonesia khususnya. Hal ini terlihat jelas pada dua kalangan organisasi masyarakat (ormas) terbesar di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Pada kalangan masyarakat Nahdlatul Ulama pembacaan doa qunu>t pada salat Subuh merupakan sebuah tradisi yang masih melekat hingga saat ini. Jika kasus mengenai pembacaan doa qunu>t pada salat Subuh masih menjadi pro dan kontra hingga saat ini, namun lain halnya dengan praktik pembacaan doa qunu>t yang terdapat di mushalla al-Huda, Desa/Kelurah Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di mushalla tersebut, selain melaksanakan doa qunu>t pada salat Subuh, doa qunu>t juga dilaksanakan pada empat salat fardu yang lainnya. Penelitian ini membahas praktik pembacaan doa qunut di Mushalla al- Huda Salam, Kec. Salam Kab. Magelang, Jawa Tengah. Fokus pembahasan penelitian ini adalah praktik pembacaan praktik pembacaan doa qunut pada salat lima waktu di Mushalla al-Huda Salam, Kec. Salam Kab. Magelang, Jawa Tengah. Dalam penelitian ini peneliti melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun hasil analisis tindakan sosial Max Weber memberikan hasil motivasi dan tujuan atas pembacaan doa qunut di Mushalla al-Huda Salam. Motif dan tujuan ini merupakan hasil resepsi dari hadis secara tidak langsung. Dalam hal ini, agen mendapatkan satu pemahaman atas satu praktik tidak langsung dari hadis, melainkan dari kitab kuning yakni Al-Az\ka>r min Kala>m Sayyid Al-Abra>r. Adanya praktik pembacaan qunut di Mushalla al-Huda Salam ini merupakan tradisi yang telah diamalkan oleh warga yang ada disana. Tokoh agama berperan sebagai cultural broker yang mentransmisikan pengetahuan terkait pembacaan doa qunut kepada para warga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dadi Nurhaedi, S.Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Living Hadis, Qunut, Salat Lima waktu
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Apr 2020 11:08
Last Modified: 24 Apr 2020 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum