METODOLOGI KRITIK MATAN HADIS RIWAYAT ABŪ HURAIRAH PERSPEKTIF SUNNĪ-SYĪ‘AH (Nūr al-Dīn Abū Liḥyah dan Syaraf al-Dīn al-Mūsawī)

IN’AMUL HASAN, NIM. 16551001 (2020) METODOLOGI KRITIK MATAN HADIS RIWAYAT ABŪ HURAIRAH PERSPEKTIF SUNNĪ-SYĪ‘AH (Nūr al-Dīn Abū Liḥyah dan Syaraf al-Dīn al-Mūsawī). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODOLOGI KRITIK MATAN HADIS RIWAYAT ABŪ HURAIRAH PERSPEKTIF SUNNĪ-SYĪ‘AH (Nūr al-Dīn Abū Liḥyah dan Syaraf al-Dīn al-Mūsawī))
16551001_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODOLOGI KRITIK MATAN HADIS RIWAYAT ABŪ HURAIRAH PERSPEKTIF SUNNĪ-SYĪ‘AH (Nūr al-Dīn Abū Liḥyah dan Syaraf al-Dīn al-Mūsawī))
16551001_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian terhadap kritik matan merupakan persoalan yang rumit dan sangat urgen untuk dilakukan. Hal ini mengingat tidak adanya kaedah kritik matan yang eksplisit dan dapat dijadikan acuan dalam menilai suatu matan hadis. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yang lebih mampu menampung kritik matan hadis yang lebih aplikatif. Tulisan ini berusaha untuk memaparkan metode kritik matan hadis yang lebih aplikatif dari dua mazhab besar Islam, yaitu Sunni dan Syi’ah melalui studi komparatif. Adapun tokoh yang dijadikan dari kalangan Sunni adalah Nur al-Din Abu Lihyah melalui karyanya Abū Hurairah wa Aḥādiṡuhu fī al-Mīzān dan dari kalangan Syi’ah adalah Syaraf al-Din al-Musawi melalui karyanya Abū Hurairah. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk melihat persamaan dan perbedaan serta implikasi dari kedua metode kritik yang diajukan kedua tokoh ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berbasis pada kajian kepustakaan (library research). Adapun langkah yang ditempuh secara teknis-operasionalnya, yaitu: melakukan inventarisasi data dan menyeleksinya sesuai dengan kebutuhan tema penelitian, baik dari sumber primer, maupun sekunder, melakukan olah data dan mendeskripsikan pandangan kedua tokoh terhadap Abū Hurairah, memaparkan kritikan dari dua tokoh tersebut terhadap hadis Abū Hurairah, dan melakukan analisis secara komparatif untuk melihat persamaan dan perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tokoh terhadap studi kritik matan berupa metode kritik, materi, orisinalitas serta implikasi. Selain itu, penulis juga menggunakan pendekatan historis-filosofis, yaitu dengan merunut akar-akar historis secara kritis alasan Nūr al-Dīn Abū Liḥyah dan Syaraf al-Dīn al-Mūsawī mengkaji ulang riwayat hadis Abū Hurairah yang kontroversial, termasuk latar belakangnya, dan struktur fundamental dari pemikiran tersebut. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa Nur al-Din Abu Lihyah dan Syaraf al-Din al-Musawi memiliki metode kritik matan yang sama terhadap hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Mereka mnggunakan metode kritik matan hadis dengan menggunakan tolak ukur Al-Qur’an, hadis, fakta sejarah, dan rasionalitas. Mereka juga meyakini adanya keterkaitan antara kepribadian Abu Hurairah dengan hadis yang diriwayatkannya, seperti masa tinggal dengan Nabi, kedekatan dengan Ka’ab al-Aḥbār dan menjadi teknokrat agama pada masa Mu‘āwiyah. Penelitian ini melihat adanya implikasi yang cukup urgen dari kajian tokoh Sunnī–Syī’ah terhadap hadis yang diriwayatkan oleh Abū Hurairah Pertama, muncul berbagai kritikan serta kajian terhadap sahabat yang dekat dengan Abū Hurairah dan Mu’āwiyah. Kedua, membuka ruang diskusi antara Sunnī dan Syī‘ah, terutama dalam melihat pemetaan sahabat pasca perang Ṣiffīn. Ketiga, membuka peluang bagi Ahlussunnah menyerang (mengkaji) kitab hadis dari Syī‘ah, begitu juga sebaliknya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammad Alfatih Suryadilaga, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kritik Matan, Abu Hurairah, Keadilan Sahabat, Sunnī-Syī‘ah,
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Apr 2020 11:16
Last Modified: 24 Apr 2020 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum