OTONOMI BURUH PEREMPUAN DI DALAM KELUARGA (ANALISIS GENDER TERHADAP BURUH RAMBUT DAN BULU MATA PALSU DI DESA LAMUK KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA)

DWI YULIANINGSIH, NIM. 13540083 (2020) OTONOMI BURUH PEREMPUAN DI DALAM KELUARGA (ANALISIS GENDER TERHADAP BURUH RAMBUT DAN BULU MATA PALSU DI DESA LAMUK KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OTONOMI BURUH PEREMPUAN DI DALAM KELUARGA (Analisis Gender terhadap Buruh Rambut dan Bulu Mata Palsu di Desa Lamuk Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kal)
13540083__BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (OTONOMI BURUH PEREMPUAN DI DALAM KELUARGA (Analisis Gender terhadap Buruh Rambut dan Bulu Mata Palsu di Desa Lamuk Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kal)
13540083_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB)

Abstract

Semakin terbukanya kesempatan kerja di berbagai sektor yang banyak menampung tenaga kerja perempuan menjadi salah satu faktor meningkatnya jumlah perempuan yang terlibat dalam sektor publik. Hal tersebut ternyata berpengaruh terhadap dinamika keluarga di Desa Lamuk Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga, karena semakin banyak istri yang bekerja. Hal yang kemudian menjadi pertanyaan adalah pola relasi yang terjadi antara suami dan istri ketika istri mencurahkan banyak waktunya untuk bekerja, dan bagaimana otonomi buruh perempuan sebagai istri di dalam keluarga. Untuk memahami dan menganalisa temuan lapangan, penelitian ini menggunakan konsep ketidakadilan gender dan tipologi perkawinan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan pendekatan deskriptifkualitatif. Pengumpulan data melalui proses wawancara mendalam dan observasi. Data primer diperoleh secara langsung melalui proses wawancara dengan subyek penelitian yaitu 10 orang perempuan yang bekerja sebagai buruh rambut dan bulu mata palsu. Data sekunder diperoleh dari jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan relasi antara suami istri dalam keluarga dan tinjauan kajian gender dalam keluarga. Hasil penelitian menunjukkan,berdasarkan pola pembagian kerja dan pola pengambilan keputusan keluarga buruh rambut dan bulu mata palsu, mayoritas keluarga buruh rambut dan bulu mata palsu memiliki pola relasi seniorjunior partner. Hal ini dikarenakan isteri yang ikut berkontribusi dalam perekonomian keluarga, tetap menjadikan suami sebagai kepala keluarga yang memiliki kekuasaan yang lebih besar karena diposisikan sebagai pencari nafkah utama. Sedangkan 2 keluarga memiliki pola relasi hampir mendekati equal partner. Suami dan istri samasama bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, namun dalam ranah domestik, suami masih banyak xvii mengandalkan istri. Karena mempunyai penghasilan sendiri, para buruh perempuan menjadi lebih mandiri dan memiliki tingkat otonomi yang tinggi dalam keuangan keluarga. Para buruh memiliki kebebasan dalam pekerjaannya dan dapat mengaktualisasikan dirinya di ruang publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Adib Sofia, S.S, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: otonomi perempuan, gender, buruh perempuan, pola relasi suami istri
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Apr 2020 13:16
Last Modified: 24 Jun 2022 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39105

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum