TEKNIK BIBLIOTERAPI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PENGHUNI PANTI ASUHAN MAFAZA YOGYAKARTA

Kurnia Badriyah Putri,, NIM: 17200010039 (2020) TEKNIK BIBLIOTERAPI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PENGHUNI PANTI ASUHAN MAFAZA YOGYAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEKNIK BIBLIOTERAPI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PENGHUNI PANTI ASUHAN MAFAZA YOGYAKARTA)
17200010039_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TEKNIK BIBLIOTERAPI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PENGHUNI PANTI ASUHAN MAFAZA YOGYAKARTA)
17200010039_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kepercayaan diri merupakan keyakinan yang terdapat dalam diri seseorang. Kepercayaan diri adalah bagian dari aspek kepribadian manusia yang berfungsi penting untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi akan mampu bergaul secara fleksibel, mempunyai toleran yang cukup baik, bersikap positif, dan tidak mudah terpengaruh orang lain dalam bertindak serta mampu menentukan langkah-langkah pasti dalam hidupnya. Sedangkan orang yang tidak memiliki kepercayaan diri dapat mengalami banyak masalah karena kepercayaan diri adalah atribut yang paling berharga pada diri seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Biblioterapi sebagai pendekatan yang ditawarkan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa penghuni panti asuhan agar dapat mengaktualisasikan potensi-potensi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik biblioterapi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa penghuni panti asuhan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan model one group pretest and posttest yang melibatkan 10 siswa yang tinggal di panti asuhan Mafaza Yogyakarta yang dipilih melalui purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala kepercayaan diri. Analisis data menggunakan uji beda wilcoxon signed rank test dan diperoleh hasil dengan nilai signifikan 0,005 dengan nilai Z= -2.812. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Selain itu nilai mean (rata-rata) sebelum diberikan perlakuan sebesar 93 menjadi 104,5 setelah diberikan perlakuan. Melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa teknik biblioterapi dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa penghuni panti asuhan Mafaza Yogyakarta. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti dalam penelitian ini diterima dan terbukti.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, M. Si, Psi
Uncontrolled Keywords: Teknik Biblioterapi, Kepercayaan Diri, Siswa Panti Asuhan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Apr 2020 09:09
Last Modified: 29 Apr 2020 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39137

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum