PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS CASE (CREATIVE, ACTIVE, SYSTEMATIC, EFFECTIVE)

Siti Rizka Nurwanti, NIM. 15680004 (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS CASE (CREATIVE, ACTIVE, SYSTEMATIC, EFFECTIVE). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS CASE (CREATIVE, ACTIVE, SYSTEMATIC, EFFECTIVE))
15680004_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS CASE (CREATIVE, ACTIVE, SYSTEMATIC, EFFECTIVE))
15680004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan E- Modul biologi berbasis CASE pada materi pokok sistem imun untuk siswa kelas XI SMA/MA, (2) mengetahui kualitas E-Modul berbasis CASE pada materi pokok sistem imun untuk kelas XI SMA/MA melalui penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru biologi, (3) mengetahui respon siswa terhadap E-Modul berbasis CASE pada materi pokok sistem imun untuk kelas XI SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain/Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini hanya dibatasi pada tahap Development (Pengembangn). Subjek penelitian ini meliputi 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 15 orang siswa. Objek penelitian ini berupa E-Modul pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk menilai kualitas E-Modul meliputi lembar penilaian kualitas oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi, dan angket respon siswa terhadap penggunaan E-Modul. Hasil penelitian ini berupa: (1) pengembangan E-Modul biologi berbasis CASE pada materi pokok sistem imun untuk siswa Kelas XI SMA/MA, (2) kualitas E-Modul biologi berbasis CASE sebagai bahan ajar pada materi sistem imun termasuk kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan 91,74%, (3) respon siswa terhadap E-Modul biologi memperoleh hasil persentase 83,94%, yang menunjukkan bahwa siswa memberikan respon “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Annisa Firanti S.Pd.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: CASE, E-Modul, Pengembangan, Sistem Imun
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 May 2020 10:24
Last Modified: 06 May 2020 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum