PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BERJENJANG MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Anisa Nur Izza Fitria, NIM. 15670056 (2020) PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BERJENJANG MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BERJENJANG MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR)
15670056_BAB-I_IV -atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BERJENJANG MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR)
15670056_BAB-II_Sampai_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

IPA merupakan mata pelajaran yang sulit dipahami karena kemampuan berpikir abstrak siswa sekolah dasar yang rendah. Dengan demikian diperlukan media pembelajaran yang dapat menjadikan IPA lebih konkret sehingga sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Pada dasarnya, siswa sekolah dasar sangat menyukai hiburan sebagaimana cerita yang juga dapat dijadikan sebagai media hiburan. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan cerita dan dikemas dalam bentuk buku bacaan berjenjang yang direkomendasikan untuk kelas IV dan V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode 4-D (four D) berupa Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun penelitian ini dibatasi hanya pada tahap develop. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian diberi masukan oleh peer reviewer serta divalidasi oleh dosen ahli media dan dosen ahli materi. Produk kemudian dinilai oleh lima guru sekolah dasar dengan menggunakan instrumen penilaian media buku bacaan berjenjang mata pelajaran IPA untuk siswa sekolah dasar. Instrumen tersebut memuat karakteristik buku bacaan berjenjang, penyajian gambar, penyajian cerita, tampilan keseluruhan, kegunaan, kelayakan isi, penyajian materi, kebahasaan, dan level makroskopis. Media buku bacaan berjenjang yang dikembangkan sudah memiliki karakteristik buku bacaan yang memuat materi IPA. Berdasarkan penilaian validasi ahli materi dan ahli media, media tersebut mendapat kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian guru sekolah dasar mendapat kategori sangat baik dengan keidealan 87%. Oleh karena itu, media ini layak dijadikan sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: cerita anak, buku bacaan berjenjang, IPA SD.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 May 2020 12:34
Last Modified: 08 May 2020 12:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39233

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum