PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP CRITICAL THINKING DAN COLLABORATIVE PADA MATERI ASAM BASA

Anugrah Anang Respati, NIM. 16670035 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP CRITICAL THINKING DAN COLLABORATIVE PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP CRITICAL THINKING DAN COLLABORATIVE PADA MATERI ASAM BASA)
16670035_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP CRITICAL THINKING DAN COLLABORATIVE PADA MATERI ASAM BASA)
16670035_BAB II_sampai_BAB SEBELUM BERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran pada kurikulum 2013 bersifat interaktif, berbasis kontekstual, dan berpusat pada peserta didik. Berdasarkan kurikulum 2013, pendidik dapat menerapkan proses pembelajaran berbasis penelitian. Adapun model pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 salah satunya model pembelajaran inquiry. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) adakah pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap critical thinking pada materi asam basa, (2) adakah pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap collaborative pada materi asam basa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MAN 3 Sleman 2019/2020. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur critical thinking yaitu angket, lembar observasi dan soal pretest dan posttest. Uji hipotesis untuk angket dan lembar observasi menggunakan uji non paramterik yaitu uji Mann Whitney, sedangkan untuk pretest dan posttest menggunakan uji independent sample t-test. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur collaborative peserta didik yaitu angket dan lembar observasi. Uji hipotesisnya menggunakan uji non parametrik dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) ada pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap critical thinking pada materi asam basa berdasarkan hasil angket, dan hasil observasi, namun tidak ada pengaruh berdasarkan hasil tes dikarenakan faktor penyajian soal yang tingkat kesukarannya masih tergolong mudah dan sedang. (2) ada pengaruh yang siginifikan pada model pembelajaran guided inquiry terhadap collaborative pada materi asam basa berdasarkan hasil angket dan observasi Dengan demikian penggunaan model pembelajaran guided inquiry dapat mempengaruhi critical thinking dan collaborative peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sidiq Premono, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: critical thinking, collaborative, dan model pembelajaran guided inquiry.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 May 2020 13:02
Last Modified: 08 May 2020 13:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum