PENGARUH PEMBINAAN PEGAWAI TERHADAP TINGKAT PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN

AMALIA JAYANTI, NIM.: 16490002 (2020) PENGARUH PEMBINAAN PEGAWAI TERHADAP TINGKAT PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGARUH PEMBINAAN PEGAWAI TERHADAP TINGKAT PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN)
16490002_ AMALIA JAYANTI_ BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBINAAN PEGAWAI TERHADAP TINGKAT PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL)
16490002_ BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya celah dari penelitian sebelumnya tentang pembinaan pegawai terhadap tingkat produktivitas kerja pegawai. Penelitian ini didasarkan dari teori Miftah Thoha yang menyatakan pembinaan merupakan sebuah tindakan, melalui proses, dan memiliki hasil dengan tujuan menjadi lebih baik. dan teori Taliziduhu Ndara yang menyatakan pembinaan merupakan pemberian pengarahan, motivasi, pengawasan, dan pengisian suatu hal atau materi. Penelitian metode kuantitatif ini menggunakan korelasi bivariat dan regresi linear sederhana. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan, pengaruh dan besar kontribusi variabel pembinaan pegawai (X) terhadap variabel produktivitas kerja pegawai (Y). Penelitian ini dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul dengan sampel sebanyak 81 pegawai dari total populasi sebanyak 101 pegawai. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan metode stratified random sampling. Dalam penelitian ini variabel independen adalah pembinaan pegawai (X) dan variabel dependen adalah produktivitas kerja pegawai (Y). Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statical Package for Social Sciences) versi 16. Analisis korelasi bivariat menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,811 dengan angka signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari α = 0,05. Hal tersebut berarti terjadi hubungan positif antara pembinaan pegawai dan produktivitas kerja pegawai dengan kategori korelasi sangat kuat sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya, analisis regresi linear sederhana menghasilkan R2 sebesar 0,657. Artinya, variabel Y mampu diterangkan oleh variabel X sebesar 66%. Uji regresi mendapatkan, persamaan regresi Y=7,409 + 0,345 X. Sehingga besaran pengaruh pembinaan pegawai ke produktivitas kerja pegawai sebesar 34,5%. Angka signifikansi uji regresi adalah 0,000 dengan thitung > ttabel = 12,458 > 1,989. Dengan demikian, Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, pembinaan pegawai memiliki pengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten bantul sebesar 34,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S. Ag, MA,
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Pegawai dan Produktivitas Kerja
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 May 2020 10:31
Last Modified: 07 Mar 2023 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39331

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum