ISLAM HUMANIS DAN HUMANISASI PENDIDIKAN Refleksi atas Kebebasan Beragama Karya Jabir al-Ulwani untuk Landasan Edukasi Anak

Arif, Mahmud (2015) ISLAM HUMANIS DAN HUMANISASI PENDIDIKAN Refleksi atas Kebebasan Beragama Karya Jabir al-Ulwani untuk Landasan Edukasi Anak. In: ANTOLOGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM JILID 2. PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, YOGYAKARTA, pp. 1-12. ISBN 978-602-72084-4-5

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Artikel Landasan-Edukasi_anak.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Selama ini, muncul tuduhan dari sebagian kalangan di Barat bahwa Islam adalah agama anti HAM dan sarang teroris. Alasannya, Islam (baca: penganut Islam) membenarkan tindak kekerasan atasnama agama, baik terhadap penganut agama lain maupun terhadap penganut Islam sendiri yang telah dianggap berpaham sesat dan menyimpang. Menganut sebuah agama pada dasarnya adalah hak asasi setiap orang, sehingga tidak dibenarkan siapa pun melakukan campurtangan atau pemaksaan kehendak dalam masalah ini. Dengan tegas, al-Qur’an menyatakan “tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang salah” (Qs. al-Baqarah [2]:256). Namun ajaran dasar al-Qur’an ini agaknya masih dilaksanakan setengah hati oleh umat Islam. Buktinya, mereka belum rela apabila ada umat Islam menganut paham yang dinilai sesat; mereka pun segera bertindak “atasnama Tuhan” untuk memaksa umat Islam tadi segera kembali ke jalan yang benar, dan jika tidak mau, maka mereka akan memilih tindak kekerasan. Tak jarang, dakwah atau upaya amar makruf dan nahi munkar dilumuri oleh darah dan dibasahi derai air mata pihak-pihak yang menjadi korban tindak kekerasan.

Item Type: Book Section
Subjects: Studi Islam
HAK ASASI MANUSIA
ISLAM DAN PENDIDIKAN
Kependidikan Islam
Divisions: Buku
Depositing User / Editor: Dr. Mahmud Arif
Date Deposited: 21 May 2020 07:26
Last Modified: 21 May 2020 07:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39346

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item