Arif, Mahmud (2013) PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HISTORIS Dinamika Pemikiran dan Kelembagaan Pendidikan Islam pada Masa Keemasan. In: ANTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM. PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, YOGYAKARTA, pp. 1-33. ISBN 978-602-1562-21-5
This is the latest version of this item.
|
Text
Artikel antologi PI_2013.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Selama ini, masa Keemasan Islam yang berlangsung pada kisaran abad III – V hijriah dinilai sebagai puncak prestasi kultural-intelektual yang begitu diidealisasikan oleh umat Islam. Sewajarnya, jika mereka kemudian senantiasa ingin menjadikan capaian prestasi masa tersebut sebagai model rujukan, bahkan tak jarang dilepaskan dari konteks setting sosio-historisnya. Menurut Prof. Munir Mursi, karakteristik yang menandai pendidikan Islam pada masa Keemasan, antara lain: (1) munculnya pemikiran-pemikiran brilian mengenai pendidikan, (2) masuknya pengaruh ilmu-ilmu intelektual, dan (3) berdirinya madrasah sebagai lembaga pendidikan par excellence di dunia Islam. Perspektif historis bermaksud meletakkan fenomena kependidikan Islam dalam lokus dan tempus tertentu, dan menganalisisnya sebagai “anak kandung” zamannya secara sinkronis-diakronis.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | ISLAM DAN PENDIDIKAN Islam dan Tradisi Pendidikan |
Divisions: | Buku |
Depositing User: | Dr. Mahmud Arif |
Date Deposited: | 21 May 2020 07:27 |
Last Modified: | 21 May 2020 07:27 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39350 |
Available Versions of this Item
-
PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HISTORIS
Dinamika Pemikiran dan Kelembagaan Pendidikan Islam pada Masa Keemasan. (deposited 11 May 2020 09:59)
- PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HISTORIS Dinamika Pemikiran dan Kelembagaan Pendidikan Islam pada Masa Keemasan. (deposited 21 May 2020 07:27) [Currently Displayed]
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |