PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HISTORIS Dinamika Pemikiran dan Kelembagaan Pendidikan Islam pada Masa Keemasan

Arif, Mahmud (2013) PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HISTORIS Dinamika Pemikiran dan Kelembagaan Pendidikan Islam pada Masa Keemasan. In: ANTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM. PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, YOGYAKARTA, pp. 1-33. ISBN 978-602-1562-21-5

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Artikel antologi PI_2013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Selama ini, masa Keemasan Islam yang berlangsung pada kisaran abad III – V hijriah dinilai sebagai puncak prestasi kultural-intelektual yang begitu diidealisasikan oleh umat Islam. Sewajarnya, jika mereka kemudian senantiasa ingin menjadikan capaian prestasi masa tersebut sebagai model rujukan, bahkan tak jarang dilepaskan dari konteks setting sosio-historisnya. Menurut Prof. Munir Mursi, karakteristik yang menandai pendidikan Islam pada masa Keemasan, antara lain: (1) munculnya pemikiran-pemikiran brilian mengenai pendidikan, (2) masuknya pengaruh ilmu-ilmu intelektual, dan (3) berdirinya madrasah sebagai lembaga pendidikan par excellence di dunia Islam. Perspektif historis bermaksud meletakkan fenomena kependidikan Islam dalam lokus dan tempus tertentu, dan menganalisisnya sebagai “anak kandung” zamannya secara sinkronis-diakronis.

Item Type: Book Section
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Islam dan Tradisi
Pendidikan
Divisions: Buku
Depositing User / Editor: Dr. Mahmud Arif
Date Deposited: 21 May 2020 07:27
Last Modified: 21 May 2020 07:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39350

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item