PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN FINANCE TECHNOLOGY’S PADA PERBANKAN SYARIAH

MUHAMMAD SAID MANSYUR, NIM. 15240053 (2020) PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN FINANCE TECHNOLOGY’S PADA PERBANKAN SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN FINANCE TECHNOLOGY’S PADA PERBANKAN SYARIAH)
15240053_BAB-I_V dan DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN FINANCE TECHNOLOGY’S PADA PERBANKAN SYARIAH)
15240053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Finance Technology atau lebih dikenal dengan istilah Fintech merupakan inovasi produk industri keuangan dalam Revolusi Industri 4.0. Aspek pengerjaan yang dilakukan secara digital menjadikan operasional keuangan lebih praktis, efisien dan inklusi. Perbankan syariah sebagai salah satu produk industri keuangan dituntut untuk dapat memberikan layanan Fintech sebagai satu layanan dalam proses transaksi. Penulis akan meneliti terkait nasabah perbankan syariah yang menggunakan Fintech sebagai metode transaksi pembayaran pada aplikasi marketplace Tokopedia. Teori yang digunakan adalah teori persepsi sebagai variabel independen, kepercayaan sebagai variabel dependen 1 (satu) dan kepuasan sebagai variabel dependen 2 (dua). Metode penelitian yang digunakan adalah deskripstif-kuantitatif serta menggunakan metode accidental purposive sampling dalam menguji sampel. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan pengumpulan data berupa kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi penggunaan fintech pada perbankan syariah terhadap kepercayaan dan kepuasan nasabah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan hasil pada T hitung masing-masing 3,020 dan 4,173 dengan T tabel sebesar 1,988. Pada uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen (persepsi) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen 1 (kepercayaan) sebesar 8,5%. Sedangkan pengaruh variabel independen (persepsi) terhadap variabel dependen 2 (kepuasan) sebesar 15,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Rasyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: Persepsi, FinTech, Kepercayaan, Kepuasan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 May 2020 10:06
Last Modified: 19 May 2020 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39367

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum