PERUBAHAN PERILAKU PESERTA PROGRAM SEKOLAH ORANG TUA (SOT) DALAM MENGASUH ANAK

MARIYATI, NIM. 16250068 (2020) PERUBAHAN PERILAKU PESERTA PROGRAM SEKOLAH ORANG TUA (SOT) DALAM MENGASUH ANAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN PERILAKU PESERTA PROGRAM SEKOLAH ORANG TUA (SOT) DALAM MENGASUH ANAK)
16250068_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN PERILAKU PESERTA PROGRAM SEKOLAH ORANG TUA (SOT) DALAM MENGASUH ANAK)
16250068_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pengasuhan merupakan salah satu kewajiban orang tua kepada anak. Pengasuhan juga yang akan menentukan bagaimana perilaku seorang anak. Tidak semua orang tua melakukan pengasuhan sesuai dengan karakter anak karena keterbatasan ilmu yang dimiliki. Untuk itu guna mendapatkan ilmu tentang pengasuhan yang semakin hari semakin berkembag maka Yayasan Amal Insan Mulia yang memiliki peserta didik sebanyak 873 siswa berinisiatif untuk membuat program Sekolah Orang Tua (SOT). Program SOT ini dimulai sejak tahun 2015 dan menjadi program wajib bagi semua orang tua atau wali murid yang anaknya bersekolah di lembaga naungan Yayasan Amal Insan Mulia Wates. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku orang tua dalam mengasuh anak setelah mengikuti program SOT dan faktor-faktor yang menentukan perubahan perilaku. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus Organisme Respon) yang diungkapkan oleh Hosland (sic!). Sementara metode yang digunakan yaitu kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terjadi perubahan perilaku orang tua dalam mengasuh anak, yaitu perubahan berupa sikap dan juga perubahan praktik. Perubahan sikap ditunjukkan dengan upaya orang tua untuk menceritakan apa yang dipahami dari mengikuti program SOT dan keinginan orang tua untuk menerapkan ilmu yang didapatkan. Perubahan praktik ditunjukkan dengan keikhlasan orang tua untuk tidak membanding-bandingkan anak, meridhoi anak, memberikan pelukan, menggali dengan bahasa anak ketika anak sedang menghadapi masalah dan memberikan pemahaman ketika orang tua marah terhadap perilaku anak. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku yaitu: Pertama, faktor predisposisi, berupa kesadaran diri dan kebutuhan akan ilmu parenting serta tradisi keluarga. Kedua, faktor pendukung yaitu ketersediaan program SOT, peran aktif guru dan pengurus paguyuban serta kemudahan mengakses informasi. Ketiga, faktor penguat berupa aturan yang mengikat semua orang tua untuk mengikuti program SOT, dukungan dari pihak keluarga dan pemateri yang memiliki kompetensi dalam bidang parenting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Noorkamilah S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: perubahan perilaku, program sekolah orang tua, parenting.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 May 2020 10:39
Last Modified: 19 May 2020 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39371

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum